Kamis, 27 Desember 2012

It's almost the end..

apa yang mau berakhir?

banyak.. bulan ini udah mau berakhir... tahun ini sudah mau berakhir...
Semester ini juga sebentar lagi berakhir (FYI: UGM ujiannya terakhiran)..

Tapi, rasanya ada yang janggal...

Rasanya saya masih belum serius untuk belajar ~

dan akhirnya semuanay terasa sia-sia.. padahal sudah mau habis tahun ini, semester ini...

*maaf ya, nggak jelas... soalnya emang saya masih ngerasa semester ini agak sia-sia, karena saya sendiri samapi detik ini masih merasa belum siap terjun ke dunia perkuliahan...

tapi, ya masa saya mau SMA terus? jadi, seperti yang saya udah pernah cantumkan di postingan saya sebelum-sebelumnya, apa pun yang datang menghadang itu harus dihadapi, nggak peduli kita siap ato nggak, makanya... mestinya saya sudah menyiapkan diri dari jauh2 hari ya...

okeh, nyesel katanya nggak ada gunanya selain untuk pelajaran untuk masa depan...

Jadi mulai detik ini saya harus MULAI DEWASA... DEWASA dalam menghadapi tanggung jawab saya sebagai mahasiswa, DEWASA dalam manajemen emosi dan manejemen waktu..

dan MULAI DETIK ini saya HARUS BELAJAR dari apapun yang saya alami ..:)

ayo kita semua SEMANGAAAATTT!!!!




Sabtu, 15 Desember 2012

Ketika Waktunya Tiba

Saya percaya bahwa semuanya akan indah pada waktunya...

Tapi sebelum mencapai masa itu, ternyata banyak sekali hal yang yang membuat lelah yang harus dihadapi ya?

Termasuk juga pergolakan antara realita dan iedalita  dalam diri yang semakin tidak keruan


Dan pada akhirnya...

Di penghujung malam ini saya ingin sendiri saja.. Entah sampai kapan.. saya ingin sendiri dulu.......

Saya ingin percaya bahwa semuanya akan indah pada waktunya...

Jumat, 23 November 2012

Ketika Jogja Hujan

Jogja hari ini basah dengan hujan yang, tumben, tidak putus sejak sebelum adzan dzuhur berkumandang. Rahmat-Nya yang akhir-akhir ini jarang sekali dirasakan oleh warga yang berdomisili di Jogja, termasuk saya.

Hari ini, saya punya cerita..

Semalamnya saya mencari sumber-sumber untuk tugas yang akhirnya nggak ketemu sampai saya sudah hampir frustasi, dan paginya saya berusaha memompa sepeda saya yang ternyata bannya bocor yang akhirnya bikin hari saya penuh emosi yang bergejolak.

Ditambah lagi beban tugas dari suatu acara LDK di ugm ini.. tanggung jawab yang tiada habisnya..keraagu-raguan yang setiap jam malah justru semakin besar...Arrrrgghh... rasanya saya mau meledak sajaaaa!!!!

Entahlah, yang pasti sampai dzuhur tiba, muka saya masih terlipat antara tegang, kaku, dan enggan tersenyum (pati orang yang melihat saya jadi ikutan jengkel, wah.. ternyata saya menyebar energi negatif ya..)

Lalu, jawaban itu datang justru ketika saya bertemu banyak orang yang memang saya butuhkan hari itu, Nikari, Mbak Khal, Fiya, Mbak Hasna, dan yang lainnya, orang-orang di sekelilingku yang senantiasa menguatkan hati...

Pada akhirnya, setelah diskusi dan perenungan yang mendalam, ditambah dengan masukan-masukan, saya membatalkan diri untuk ikut LDK dan memilih melanjutkan niatan saya untuk ikut Roadshow IAIC.. ya ..alasannya sederhana, karena saya ragu-ragu untuk ikut LDK tersebut, dan ketika saya ragu-ragu, saya nggak akan mendapatkan apapun..

Terus tiba-tiba sore itu, ketika 'keluarga cahaya' berkumpul, saya jadi ingat sepenggal kisah tentang mimpi saya sewaktu MTs dulu..

Jadi ceritanya saat saya MTs, saya ikut di tahfidzh club (kalau di UGM mungkin seperti GMMQ), nah, sebenarnya sore ba'da ashar itu jadwalnya muraja'ah hafalan, tapi entah kenapa sepulang dari masjid sore itu saya ngantuk banget dan akhirnya tertidur di lantai kamar sambil memeluk Al-Quran dan dalam keadaan masih pakai mukena.

Tapi, sore itu saya mimpi, Ustadzah Ummu, selaku pembina club dan pembimbing tahfidzh saya berkata dalam mimpi saya itu, 'Dek Setya, nanti kamu muraj'ah dengan syekh Yaser Arafat di taman ya..'. begitulah kira-kira seingat saya.. spontan saya kaget, ini beneran Yaser Arafat yang di palsetina itu? (Setelahnya saya tahu, kalau yang hadir di mimpi saya itu Yaser arafat ketika suatu waktu saya melihat buku di toko tentang biografi beliau dan di sana ada fotonya yang mirip dengan orang yang ada dalam mimpi saya).

Yasudah kelanjutan dari mimpi itu adalah saya jalan ke taman pondok saya dulu dengan sedikit berat, dan ternyata di sana sudah mengantri beberapa teman saya yang juga ingin muraja'ah dengan beliau. akhirnya saya menunggu dengan antar ragu-ragu dan nggak siap buat muraja'ah . Dan ketika sudah dekat giliran saya, saya baru sadar kalau ternyata, yang saya bawa itu adalah al ma'tsurat (semacam buku dzikir pagi dan sore) bukan al Quran.Akhirnya, entah kenapa saya ada sedikit lega karena harus mengulang ngantri, karena saya harus balik ke kamar buat mengambil Al-Quran tersebut.

Di kamar, saat saya mengambil Quran, ternyata ada salah seorang teman saya yang sudah balik dar muraja'ah, dan ketika saya tanya, 'kamu udah muraja'ah', dia menjawab sudah dan entah kenapa (sekali lagi, ini hanya dalam mimpi), dia menyebutkan banyak sekali juz yang sudah dimuraja'ah yang bahkan dalam dunia nyata belum dia hafal. Akhirnya saya malah minder.. saya ragu-ragu untuk balik lagi ke taman buat muraja'ah...

Dan ketika saya ragu-ragu tersebut saya bangun, dan menyesali karena belom sempat muraja'ah dengan seorang pahlawan palestina...

pelajaran yang saya ambil dari mimpi sederhana tersebut ada 2, yang pertama adalah dalam keadaan apapun saya saat ini, siap nggak siap, saya harus siap buat melakukan yang memang sudah jadi tugas saya, tanggung jawab saya, namun dengan tidak dibarengi keragu-raguan, karena pelajaran kedua yang saya ambil adalah ketika saya ragu-ragu saya tidak mendapat manfaat apapun, baik untuk diri saya, apalagi orang lain..:)

So, ayo kita tetapkan hati kita dalam keimanan kepada-Nya, sehingga kita tidak meragukan segala firman-Nya...

Dan akhir dari cerita ini, ketika saya pulang dari kampus malam itu, terguyur hujan.. saya sudah bisa kembali tersenyum...

memang itu seharusnya cerita hidup, happy ending, dan tersenyum di akhir, kan?

Selasa, 20 November 2012

Sebuah Euforia

Halo blog, halo semua.. selamat malam..

Dini hari yang begitu sepi kali ini, selain ditemani tugas yang menumpuk dari kampus, saya juga ditemani permainan piano Yiruma, 'Wait there' . Mengalun perlahan masuk ke telinga saya...

Jadi, ceritanya selama libur tahun baru hijriyyah minggu lalu sepanjang 4 hari, saya menghabiskan waktu di Salatiga dengan sebuah kegembiraan yang meluap-luap, sebuah euforia akan bertemu dengan keluarga Depok, yang dengan sedikit paksaan dari saya, akhirnya melajukan mobil ke Salatiga juga, setelah beberpa kali tidak jadi karena kondisi, baik Bapak maupun Ibu yang tidak memungkinkan untuk menmpuh perjalanan jauh...

Dan ternyata, saat saya tiba kamis siang itu, bukan hanya keluarga saya yang datang, tapi juga keluarga tante saya yang sama-sama berdomisili di daerah Jabodetabek. Selama 4 hari itu, sebagaimana liburan panjang yang di dalamnya berkumpul keluarga, baik jauh maupun dekat, saya melepaskan buku saya, walaupun laporan praktikum menunggu untuk dikerjakan di ransel saya, dan check list anatomi menunggu untuk dihafalkan di bagian lain ransel saya...

Karena momen ini sayang jika hanya dilewatkan di depan buku..., momen yang mungkin hanya bisa didapatkan setahun sekali, saat lebaran idul fitri.

Euforia. Kegembiraan saya meluap-luap tumpah ketika saya melihat wajah-wajah yang sebenarnya sudah sangat saya kenal, namun ternyata waktu saya menilik kembali ke waktu-waktu di belakang saya, saya dan mungkin mereka juga jarang bertemu dengan saya, lebih karena pilihan-pilhan saya untuk sekolah di tempat yang jauh dari rumah..

Euforia. Rasanya ketika melihat wajah-wajah itu, wajah Ibu saya, wajah Bapak saya, Wajah Mbak Uca, dan keponakan saya, Adhia, semua beban dan ketidaksukaan akan pembelajaran di fakultas meluruh... Saya tahu, bahkan sebelum saya masuk fakultas kedokteran, saya adalah harapan mereka...

Kakak kelas saya pernah bilang, waktu saya berkata saya salah jurusan, bahwa paling tidak saya mencari alasan yang bisa membuat saya bertahan di kedokteran sampai waktunya saya lulus nanti, dan seumpamanya saya tidak mampu menemukan motivasi dari dalam diri saya, paling tdak saya mencarinya dari luar diri saya...

Dan saya tahu, yang mampu membuat saya bertahan adalah keluarga saya.. yang sudah banyak saya repotkan dalam proses saya msauk kedokteran, bahkan sebelum SNMPTN tulis tahun ini berjalan...

Euforia. Ketika saya merasakan pelukan hangat dari keluarga Depok, saya tahu.. saya bisa... saya mampu untuk terus bertahan...

Dan sekalipun itu adalah sebuah euforia yang menjadikan 4 hari minggu lalu menjadi seperti mimpi saat saya harus kembali menginjakkan kaki saya di Jogja, tapi saya tahu, saat ini, saya lebih siap untuk belajar di kedokteran, karena ada harapan keluarga saya dalam diri saya..

Dan ini saatnya saya tersenyum saat berangkat kuliah :)
                        ----Semoga Allah meridhoi---------

Sesungguhnya, Allah tidak pernah salah menempatkan kita, jika Allah menempatkan saya di kedokteran, pasti ada alasannya, entah karena Allah saya tahu saya mampu, ataupun karena Allah menyuruh saya belajar untuk mengejar ketinggalan saya sebelumnya, ataupun hal lain..Tapi, Allah menempatkan kita di suatu tempat, kondisi, situasi, pasti ada alasannya... dan itu pastilah yang terbaik untuk kita...:)

Selamat malam semua.. :D
 Selamat tidur...
  

Jumat, 16 November 2012

Rumah itu saya sebut 'Insan Cendekia'

Halo semua, apa kabar? selamat tahun baru Hijriah 1434 H... Semoga kita bisa menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya..

Di sini saya mau menceritakan tentang sebuah rumah, 'rumah' saya yang lain.. dimana, setiap kali saya pulang ke dalamnya, ada banyak keluarga yang menyambut saya dengan hangat..

'Rumah' yang di dalamnya saya bisa berekspresi tanpa harus pakai 'topeng', karena di sini semuanya menerima saya dengan hati yang lapang

'Rumah' yang di dalamnya saya bisa berbagi cerita tentang suka duka tanpa harus enggan, segan, dan selainnya..

'Rumah' yang di dalamnya saya punya 'keluarga' yang peduli satu sama lain..

'Rumah' yang di dalamnya saya punya orang tua-orang tua yang hebat, sangat hebat malah...

'Rumah' yang sampai saat ini, saya masih belum rela meninggalkannya karena harus melanjutkan perjalanan...

ya. rumah itu saya sebut 'Insan Cendekia', keluarga itu saya sebut 'Gycentium Credas Disorator', dan orang tua itu adalah guru-guru saya yang hebat...

Hati..

Halo hati, apa kabar?

Kamu terlihat lesu dan tak bersemangat, adakah yang mengganggumu?

Ah, iya saya tahu perasaan itu, ketika semua perasaan menjadi satu, menggumpal, tercampur aduk, sampai kita tidak tahu lagi mana perasaan sedih, mana yang bahagia..

Dan ketika tertawa, terasa hanya menjadi sebuah kewajiban dalam etika kesopanan...

Halo hati, apa kabar?

Kamu terlihat ingin menangis, adakah yang mengganjalmu?

Ah, iya saya tahu rasanya, ketika rasanya ingin menangis, tetapi tak ada air mata yang keluar, sehingga yang tersisa hanyalah sesak di dada yang tak kunjung pergi...

Dan, sesungguhnya yang kamu, kita, butuhkan hanyalah sebuah pelukan hangat dari seorang terdekat, dan dukungannya...

Halo, hati apa kabar?

Kamu terlihat sangat sedih, adakah yang menghalangimu untuk tersenyum?

Sesungguhnya, hati.. jika saja kita mngingat sesuatu yang membahagiakan, menggantikan semua kesedihan, bersyukur dan mengecap manisnya hidup ini, tersenyum bukanlah hal yang sulit...

iya kan, hati?

Rabu, 14 November 2012

Edisi Praktikum Biokimia

Halo blog!

jadi mestinnya, saya lagi dikejar deadline koran inspire, tapi berhubung corel portabel saya yang udah setia nemenin saya sejak di IC tiba-tiba crash, yah.. bentar lah.. mengalihkan perhatian ulu, daripada saya terus-terusan ngamuk setiap kali corelnya ketutup tiba-tiba hehehehehe :D

Jadi, ceritanya hari ini saya praktikum biokimia untuk pertama kalinya. Topiknya sebenarnya untuk praktikum pertama ini adalah fosforilasi oksidatif (jangan tanya saya apa itu, saya juga belom praktikum hehehehe.. tapi paling nggak, buat kalian yang udah nyampe kelas 3 SMA, tau lah... *dokter nggak berdedikasi ya gini nih.. :P), entah hari apa, tiba-tiba pengumuman perubahan tema praktikum ditempel di gedung radiopoetra, FK UGM, yakni tema berubah menjadi 'Methomoglobin', langsung JDUAAAARR DEERRR DAARRRR DORRRR.. seketika saya lemes...

Saya jelasin dikit tentang MetHemoglobin. Jadi, Methemoglobin itu adalah bentuk abnormal dari hemoglobin, protein pengikat Oksigen dan karbondioksida yang ada di dalam darah. Nah, kalau di hemoglobin, untuk mengikat gas-gas tadi, dia punya inti Fe2+ (ferro), sementara di MetHb atau methemoglobin mengandung inti Fe3+ (ferri) yang ternyata punya pengaruh besar terhadap pengangkutan oksigen dan karbondioksia, karena Fe3+ atau ferri ini nggak punya afinitas sama sekali terhadap, baik, oksigen ataupun karbondioksida.

Jadi nanti saat praktikum, kami akan menghitung jumlah metHb yang ada dalam d***h seseorang, dengan cara menembakkan gelombang ke zat-zat yang sudah kita campur adukkan sebelumnya, yang terdiri atas specimen (bahan baku atau bahan dasarnya) dan reagen (yang ditambahkan ke specimen untuk perlakuan).

Praktikum kali ini yang buat saya adalah spesimen yang digunakan dalam praktikum ini, yak, mungkin bisa kalian tebak, yaitu sesuatu yang ... (tarik napas)...berwarna merah...

D***h

udah dari sehari sebelumnya saya udah nangis dan lemes waktu tau kalo harus pake specimen darah. dan seharian itu, sebelum praktikum biokimia saya udah nangis dan lemes banget, terus buat menguatkan hati, saya sms ke beberapa orang, minta dukungan dan doa, supaya saya kuat buat menghadapi 'sesuatu' yang akan datang tersebut di atas...

Hari ini tuh saya dobel praktikum, histologi terus nyambung biokimia, nah, waktu harusnya ngerjain post test histologi, konsetrasi saya udah pecah mikirin biokimia, badan, terutama kaki saya udah lemes banget, badan udah gemetar, sampe-sampe temen sekelompok saya megangin saya biar saya nya mau jalan hehehhe :p

Sampai di depan lab biokim, pas banget Nikari keluar, langsung saya meluk nikari, pake nangis dan gemetar nggak karuan. Ya.. Nikari taulah masalahnya, terus Nida juga dateng, temen-temen sekelompok juga beberapa orang temen sekelompok nya Nida yang tadi sempet belajar bareng waktu jeda kosong kuliah..

Rasanya jadi menguatkan hati...

tapi, pada akhirnya saya bener-bener masih menghindari darah dan nggak mau liat sampai akhir praktikum, sampai asdosnya bingung, (soalnya waktu ditawarin masang parafilm ke tube berisi drh, saya langsung nolak dengan tegas),

yah tapi yang penting ..

saya keluar lab biokimia dengan senyuman :)

Terima kasih ya buat semua temen-temen yang udah menguatkan hati saya :D

Semoga ke depannya saya lebih berani terhadap 'sesuatu' tersebut

hehehehhehe

Minggu, 11 November 2012

Minggu pagi

Halo, Minggu

Apa kabar?
apa yang sudah kita lakukan hari ini?
Apa yang sudah kita evaluasi hari ini?
Apa yang sudah kita amalkan hari ini?

Halo, iman

Apa kabar?
Masihkah kau bertahan dalam jalan-Nya?
Ataukah sudah menyimpang menuju suatu jalan lain?

Halo, hati

Apa kabar?
Masihkah kau terjaga dalam dekapan-Nya?
Ataukah sudah ada 'hal lain' yang mendekapmu dan akhirnya berpaling dari-Nya?

Halo, akal

Apa kabar?
Sudahkah kita berpikir untuk masa depan?
Ataukah masih stagnan terjerat masa lalu?

Halo, Diri

Apa kabar?
Sudahkah hari ini kita bersykur pada-Nya?
sudahkah hari ini kita meluruskan niat untuk beribadah kepada-Nya?

Yaa Muqallibul Quluub, tsabbit quluubanaa 'alaa diinika wa thaa'atika..


Kamis, 08 November 2012

Dokter, tolong saya!

Halo blog!

2 bulan terakhir ini, saya masih sering menggalaukan keputusan saya masuk kedokteran. Entah kenapa saya jadi maju mundur buat mempertahankan posisi saya di FK ini, yah gimana pun pada awalnya saya masuk FK juga main-main, jadinya pas masuk jadinya mainan doang deh..

Padahal dokter itu long life learner, pembelajar seumur hidup. Sebab ilmu kedokteran berkembang terus, dan kalo mau memperhatikan, penyakit juga berkembang selama masa hidup kita di dunia, kalau nggak terus-terusan belajar, seorang dokter nggak akan bisa mengobati pasiennya...

Dan dokter itu komunikatif.. harus bisa membuat pasien nyaman dan mau diperiksa dengan hanya berkomunikasi yang tepat dan efektif. Sementara saya, masih suka gagu kalau ngomong dengan cara dokter, seperti yang diajarkan waktu skills lab (lab keterampilan medis).

Terus, dokter juga harus cepat menganalisis, supaya nggak kelamaan buat memberikan diagnosis, tapi tetep harus tepat. Saya nggak tau apakah saya bisa melakukan analisis dengan baik, baik sekarang maupun nanti.

Dokter juga harus punya rasa ingin tahu, kadang-kadang saya males buat tahu, apalagi sesuatu yang saya emang seharusnya saya nggak tahu, pengennya tetep nggak tahu aja, biar nggak jadi masalah.. (-______-")

tapi, Allah menempatkan saya di kedokteran pasti ada alasannya..

Entah karena Allah tahu saya mampu, atau karena Allah menyuruh saya belajar dengan masuk ke kedokteran... yang manapun pada akhirnya saya tetep harus belajar,,

Belajar berkomunikasi, belajar menganalisis, belajar keterampilan medis, belajar dasar-daasar medis.. yang saya sendiri nggak tahu bakal mulai menikmati belajar itu semua kapan.. toh sampai sekarang saya belum menemukan nikmatnya kuliah di kedokteran.., dan alhasil saya sering stres baik waktu di rumah maupun di kampus cuma gara-gara mikirin kedokteran..

dan saya masih phobia darah (walaupun sudah agak berkurang)...

Buat temen-temen yang baca tulisan ini, saya mohooon bangeeet sharing nya tentang menikmati kuliah ya... barangkali bisa saya aplikasikan di dunia saya... :)


Tiba-tiba Saya Kangen


Halooo blog…
Hari ini saya lagi bener-bener berubah haluan banget mood nya, apalagi setelah buka-buka akun sosmed.. ketemu temen-temen IC di sosmed..komen-komenan nggak penting.. ah rasanya jadi pengen memutar waktu lagi, back to the past, dimana saya masih bisa tatap muka sama mereka, ngerantau dari kamar ke kamar, dari kelas ke kelas, nge gabut nggak jelas di perpus, di depan RO…
I really missed them …
Also the teachers..
Di kuliah nggak ada lagi yang namanya bercanda di kelas sama guru-guru,, dan dengan kurang ajarnya minta ditraktir sama guru kalo nilai TO nya nggak ada yang di bawah 7… main-main ke rumah Bu Nova, Bu Penny masak-masak di sana, atau main ke kamar bu Evi buat nelpon atau sekadar numpang ngegosip dan ngeramein kamar bu Evi …
Ah  ya ampun…
Kangen banget nonton bareng lewat tv 14 inch di lobby gedung H, bubar pas iklan, dan mulai diteriakkin kalo udah mulai lagi..
Kangen banget apel pagi bareng dr depan wakamad… buru-buru lari-lari dari lantai atas ke bawah, kejar-kejaran sama hitungan dari PPBN
Kangen banget belajar, ngobrol, sama kumpul angkatan bareng di living room..
Kangen banget masak-masak bareng waktu mau makan-makan kelas… masak indomie 17 bungkus tiap kali makan-makan…pinjem kompor keputrian..
Kangen banget duduk-duduk di saung, makan indomie pake telor nya saung.. ngale-ngale sambil nungguin pelajaran seni mulai waktu hari sabtu..
Kangen banget duduk di pinggir lapangan bola, ngegalalu nggak jelas tentang temen-temen, rencana masa depan dan masih banyak lagi..
Kangen banget ngantri nelpon di telpon koin sebelah kopinma sore-sore habis kegiatan atau sebelum intensif sore..
Kangen banget ngerusuh buat kasih dukungan waktu gakic, tos bareng-bareng sekelas atau waktu murosalah dan perang cup…
Kangen banget buat salam ke orang-orang yang ditemuin di IC.. dengan salam, semuanya jadi terasa dekat, ramah, dan hangat..
Kangen banget buat remedial bareng-bareng sore-sore di depan ruang guru…
Kangen banget jalan-jalan bareng naik kereta atau bis atau angkot dari satu kota ke kota lainnya waktu liburan..

Dan masih banyak hal lagi yang saya kangenin yang bikin waktu saya jadi agak percuma.. *ngubek-ngubek tanah*..

Aduuh… tapi rasanya saya kangen bangettt…. .>,,,,<  because, there’re a lot of things that we couldn’t have it in another place except at Insan Cendekia boarding school, Serpong 

Senin, 10 September 2012

Kuliah perdanaaaaa !!!

Iyaa.. jadi ceritanya saya hari ini mulai kuliah perdana saya. Jelas masih terasa ringan, soalnya materinya baru selayang pandang untuk satu blok ke depan. Di blok 1.1 ini, kami, medical student akan belajar 'being a medical student' dan locomotor system..

whoaaa.. saya agak sedikit tercengan karena ternyata buat jadi seorang dokter yang profesional, kita benar-benar harus mulai dari nol. Di materi being a medica studennt, kami para calon dokter (cieeee >.< ) akan belajar cara belajar (nah lhooo bingung..), kami belajar cara diskusi, note taking, mencari referensi dan ada juga refleksi diri... oh ya nggak ketinggalan juga, kami bakal belajar -kalau di kampus saya bilangnya skills lab..atau kemampuan dasar menjadi dokter, kayak gimana caranya berkomunikasi dengan pasien dan lain-lain yang akan masuk ujian yang namanya OSCE ..

uwaaah.. saya jadi ngerasa minder.. (mulai deeehh... sifat yang nggak berguna ini keluar :( )..

sejujurnya saya belum siap banget buat masuk kuliah kedokteran... kalau ngeliat temen-temen kanan kiri rasanya saya salah tempat... dulu tuh (samapi sekarang sih..) saya masih suka berpikir ngapain sih saya masuk kedokteran? hehehehehe (ini pertanyaan paling kurang ajar, saya rasa hehehehehe...)

tapi, seperti yang udah pernah saya bilang, saya udah terlanjur basah.. yah.. diving aja sekalian.. :D

walaupun saya masih belum punya rencana untu ke depannya...saya mau akan segera nyusun lagi peta hidup saya...!!!

Selasa, 04 September 2012

saya di jogja part.2

haloooo!!!

fuuh.. akhirnya saya bisa buka blog dr dasbor lagi (cieee yang punya  modem baru :D)..
Jadi ceritanya saya barusan selesai PPSMB (Pelatihan Pembelajar Sukses Mahasiswa Baru) bahasa halusnya OSPEK.. yah.. ternyata ospek itu nggak seburuk saya bayangkan, sekalipun emang tugasnya banyak dan jangka waktu dari dikasih tugas sampai mengumpulkan sangant cepat, tapi secara keseluruhan ospek itu seru..

Di Universitas saya ada dua kali ospek (tiga kali untuk beberpa jurusan)..Ospek univ satu hari pada tgl 30 agustus lalu dan disusul sama Ospek fakultas selama 3 hari kecuali sekolah vokasi, karena sekolah vokasi punya jadwal sendiri.

Saya jadi punya banyak teman teman baru....:) waktu ospek univ, kampus saya memecahkan rekor dengan membuat flashmob dengan peserta terbanyak... apa ya? yang seru dari ospek itu kebersamaannya... ngerjain tugas bareng2nya.. ngeledek-ledekannya... walaupun ospek univ cuma 1 hari.. tapi, buat beberapa temen, saya ada yang klop banget :) kayak Jingga, Manda, Sarah, Novi, Valeri, Ficha, dan temen2 yang nggak bisa saya sebutin satu-satu.. (karena saya lupa kalo disuruh nyebutin satu2) hehehehe oh iya.. saya juga mau minta maaf di sini buat temen2 sekelompok yang udah sering saya ledek-ledekin heheheheh :)  nggak ada maksud buat nyakitin hati kok..cuma bercanda ..

Terus, oh iya, sebelum saya cerita ospek fakultas, kayaknya saya jadi ngerasa bersalah kalo saya nggak nyebut-nyebut kakak pemandu saya yang serba simple yang punya motto 'KITA MAHASISWA CARI YANG SIMPEL!!!!!' hahahahahaha... yang serba g merasa bersalah dengan nggak ngajarin kita tarian sajojo.. dan bilang nggak usah ngafalin hymne gadjah mada... :p yah gitulah... secara keseluruhan kakak pemandu saya, kak Ari (saat itu) baik kok orangnya.... :p

Kalau dibanding sama ospek univ, ospek fakultas lebih banyak tugasnya dan lebih berat sedikit tekanannya karena komdis atau komisi disiplinnya keluar, di ospek univ nggak ada komdis. tapi yang seru dari ospek fakultas saya harus sepedaan habis maghrib dari kosan saya di ujung jembatan teknik ke sendowo yang ujung atau ke bulaksumur residence, asrama mahasiswi nya ugm cuma buat ngerjain tugas itu tuh jauuuuh banget.. terus pulangnya paling cepet jam setengah 12 malem.. paling lama jam setengah 3 baru pulang.. --" udah mana naek sepeda pula...

tapi kalau nggak dapet tugas yang sangat bejibun itu. mungkin kita nggak akan bener-bener tau gimana temen kita yang ini dan yang itu...terus kakak pemandu saya yang di ospek fakultas ada 2 kak Ikal dan Mb Ayu..     :) yang orang-orangnya tidak terduga,,,, :D

tapi tugas2 ospek fakultas itu SANGAT kreatif, walaupun emang bikinnya susah, tapi waktu hasilnya jadi kita puas banget :D

okeh semua VIVA MEDIKA!!!!! :D

(kalau dipikir-pikir saya bloggingnya nggak mutu banget ya?--")
  

Selasa, 28 Agustus 2012

Saya di jogja :D part.1

Halo semua!! (Eaaa berasa blogny dibaca org banyak aja :p).
Jadi ceritanya sejak tanggal 25 agustus lalu saya resmi tinggal (ato
ditinggal?) di jogja.. Kota impian saya sejak kecil (walaupun sampai
saat ini saya masih ngerasa depok adalah rumah saya, tempat saya
kembali pulang untuk berbagi banyak hal setelah saya terus2an
berkelana dr satu kota ke kota lainnya).

Saya mulai nempatin rumah baru, kampus baru, dan lingkungan baru.. Dan
seperti biasanya.. Saya mulai kena sindrom yg saya sebut sebagai
'sindrom masuk lingkungan baru'.. Sebenarny sih g gitu juga.. Cuma
merasa agak nggak nyaman sama lingkungan baru dan besarny keinginan
untuk pulang ke rumah..

Tapi, yah toh.. Saya udah terlanjur basah, jd lebih baik saya diving
atau snorkling sekalian ya? hehehe :p

Tapi yang saya senang dr lingkungan baru itu, kita bisa jadi diri kita
yang baru yang lebih baik, memperbaiki kesalahan yang lalu tanpa harus
terbelenggu oleh masa lalu..Dan akhirny pikiran kita jadi terbuka..:p
kemudian kita jadi pribadi yg lbh dewasa

Saya di jogja :D

Halo semua!! (Eaaa berasa blogny dibaca org banyak aja :p).
Jadi ceritanya sejak tanggal 25 agustus lalu saya resmi tinggal (ato
ditinggal?) di jogja.. Kota impian saya sejak kecil (walaupun sampai
saat ini saya masih ngerasa depok adalah rumah saya, tempat saya
kembali pulang untuk berbagi banyak hal setelah saya terus2an
berkelana dr satu kota ke kota lainnya).

Saya mulai nempatin rumah baru, kampus baru, dan lingkungan baru.. Dan
seperti biasanya.. Saya mulai kena sindrom yg saya sebut sebagai
'sindrom masuk lingkungan baru'.. Sebenarny sih g gitu juga.. Cuma
merasa agak nggak nyaman sama lingkungan baru dan besarny keinginan
untuk pulang ke rumah..

Tapi, yah toh.. Saya udah terlanjur basah, jd lebih baik saya diving
atau snorkling sekalian ya? hehehe :p

Tapi yang saya senang dr lingkungan baru itu, kita bisa jadi diri kita
yang baru yang lebih baik, memperbaiki kesalahan yang lalu tanpa harus
terbelenggu oleh masa lalu..Dan akhirny pikiran kita jadi terbuka..:p
kemudian kita jadi pribadi yg lbh dewasa

Minggu, 19 Agustus 2012

Lebaran tiba!!

Halo semuaaa!! Selamat hari raya Iedul Fitri ya..
Mohon maaf lahir bathin, maaf ya kalo selama ini tulisan saya byk
menyinggung pembaca.. Banyak bikin pembaca meringis-ringis miris..
Maaf juga buat tulisan-tulisan yang dirasa tidak berkenan di hati pembaca..

Kita mulai dari nol lagi ya? :D

Sabtu, 18 Agustus 2012

Saya merasa ini salah

Tau nggak? Selama 17 tahun saya hidup di dunia, baru sekarang saya
merasa saya selalu salah posisi..terutama posisi2 yang saya jabat di
sma.
Kalian pernah ngerasain hal yang sama?

Saya ngerasa posisi saya di osis dulu salah banget, kayaknya g
seharusny saya menempati jabatan di osis.
Itu cuma salah satuny sih.. Tapi, saya bener2 ngerasa Banyak bgt deh
hal2 yang salah dengan saya sebelum ini, kayaknya g sesuai bgt sama
passion saya, termasuk saya masuk fk.

Tapi, bukannya saya nyesel dengan itu semua, cuman mau berbagi aja,
bahwa lebih cepat kita menemukan passion kita, maka akan lbh byk
manfaat yg kt berikan untuk diri kita dan orang lain :D .., karena
sesuai dengan kesukaan dan keahlian kita..

Makanya, di kuliah ntar, saya mau ngelakuin hal2 yang emang mau saya
lakuin, passion saya, saya g mau terikat dengan judgement orang2..
Saya mau melakukan hal2 yang saya suka..

Begitu kan mestinya?

Tarbiyah

Tarbiyah kalau diartikan secara harfiah adalah 'pendidikan'. Tapi
untuk kalangan tertentu 'tarbiyah' berarti pengkajian agama islam
lebih mendalam, nah cara pengkajian ny dibagi dalam kelompok2 yg
dsebut firqoh, setiap pertemuan nya disebut 'liqo'.
Untuk orang ìkhwah pasti gak asing lagi sama istilah2 di atas.
Sejak sekolah di ic, saya jadi ngerasa kalau saya BUTUH tarbiyah
(soalny wkt sd dan mts jadi program wajib, walaupun namanya beda,
jadiny saya juga belum merasakan kebutuhan itu). Karena dengan
tarbiyah, saya senantiasa diingatkan kembali pada Allah. Tarbiyah ato
liqo ini beda banget deh sama kajian2 yang sìfatnya massal di masjid2
atau pelajaran2 agama di sekolah, kalo kayak gitu kan kita sifatnya
nerima aja, nah, kalo di liqo ini sifatny share, tapi dalam satu
firqoh tetep ada tutor yg bakal ngebimbing jalan ny tarbiyah ini.
Lagipula, orang2 liqo tuh senantiasa saling mengingatkan.. Jadinya,
liqo ini seringkali jadi tempat pelarian saya, terutama kalo saya lagi
merasa 'hancur'
Banget..yah gt lah..

Edisi coba lewat email 2

Halo semuanya!! Ciee yg pd mau lebaran XD .. Mohon maaf lahir dan
bathin ya semuany, taqabbalallahu minna wa minkum, shiyaamanaa wa
shiyaamakum..

Ini saya lg nyoba ngepost ke blog lewat email, walopun saya ngetikny
lwat hp (knp g aktivasi lwt hp aja? Soalny, buka internet jatohny lbh
murah ketimbang sms siih Xp, jd saya aktivasi yg email aja).
Capek juga ternyata ngetik gini, maklum hp saya hp jadul, keypadny bkn
qwerty, makany tiap tuts dklik ny hrs beberapa kali :'(..
Udah ah capek, segini dulu aja.. --"

Eh, yg td ternyata salah >.< , hadooh.. Ya, ini saya post yg kedua
kali, walaupun sama aja isiny --",

Yah .. Namanya juga nyobaa..

Edisi coba lewat email

Halo semuanya!! Ciee yg pd mau lebaran XD .. Mohon maaf lahir dan
bathin ya semuany, taqabbalallahu minna wa minkum, shiyaamanaa wa
shiyaamakum..
Ini saya lg nyoba ngepost ke blog lewat email, walopun saya ngetikny
lwat hp (knp g aktivasi lwt hp aja? Soalny, buka internet jatohny lbh
murah ketimbang sms siih Xp, jd saya aktivasi yg email aja). Capek
juga ternyata ngetik gini, maklum hp saya hp jadul, keypadny bkn
qwerty, makany tiap tuts dklik...

Jumat, 10 Agustus 2012

Dokter...

Ah, iya ini buat semua para calon dokter ada tulisan bagus yang diposting sama Akademik Kedokteran Gadjah Mada di FB, dan saya (lagi-lagi) cuma ngerepost...silakan dibaca dan direnungi :)



DOKTER...
oleh Akademik Kedokteran Gama pada 6 Agustus 2012 pukul 11:26 ·
“Dokter adalah alat yang digunakan oleh Tuhan untuk kesembuhan manusia. Ibarat pisau, sebuah alat harus terus diasah ketajamannya agar fungsinya semakin baik. Dan cara paling baik mengasahnya adalah dengan cinta___”

“Dok, tolong sembuhkan ibu saya”
Ungkapan di atas adalah salah satu kalimat yang seringkali diucapkan oleh pasien atau kerabat pasien kepada dokter. Dokter memang belajar bagaimana cara untuk memberikan terapi pada pasien yang sakit, tetapi, apakah benar bahwa dokter yang menyembuhkan seorang pasien?!

“Dokter hanyalah alat yang digunakan Tuhan sebagai perantara kesembuhan manusia”.
 Jika diibaratkan dengan pisau yang harus sering diasah, pisau yang jarang diasah, akan semakin tumpul. Begitu juga dengan dokter. Kita harus terus mempertajam kemampuan kita dengan terus belajar dan memperbanyak pengalaman menangani pasien. Tak salah jika motto wajib seorang dokter adalah : ‘Long Life Education’, yang artinya seorang dokter wajib meneruskan proses pembelajarannya sepanjang hayat.
Jika sebuah alat sudah berkurang fungsinya, maka si pemakai bisa dengan bebas membuang dan menggantinya dengan yang baru. Jadi, bisa dikatakan bahwa jika kita masih ingin dijadikan alat perantara kesembuhan oleh Tuhan, maka kita harus memperlayak diri kita. Tak sepantasnya seorang dokter merasa sombong dengan ilmu yang dimilikinya. Karena memang yang berwenang dalam kesembuhan pasien adalah Tuhan. Tuhan yang Maha Menentukan kesembuhan dari suatu penyakit yang diderita oleh pasien. Maka, jangan pernah biarkan diri kita merasa tinggi hati dan lengah untuk terus mengasah kemampuan kita.

“Mengasah dengan cinta”.
Bukan hal mudah untuk menerapkan prinsip ‘long life education’ dalam bidang medis. Bayangkan saja, ilmu medis sangat dinamis, terus berkembang dari waktu ke waktu, dan seorang dokter harus terus meng-upgrade nya. Cara yang paling efektif untuk bisa terus mengejar kedinamisan ilmu medis adalah dengan mencintai apa yang kita kerjakan, sehingga kita akan terus terpacu untuk mempelajari hal tersebut sampai kita mampu melakukannya dengan baik. So, mulailah mencintai apa yang kamu kerjakan, dan kerjakanlah apa yang kamu cintai. Asah terus kemampuan kita sebagai dokter dengan mulai mencintai apa yang kita kerjakan dan kita pelajari di bidang medis ini.

“Kampus adalah sarana gladi bersih,, gunakan kesempatan sebaik baiknya”.
Gladi bersih adalah istilah yang biasa dipakai untuk kegiatan persiapan terakhir, sebelum mencapai tahap yang sebenarnya. Kampus adalah sarana gladi bersih untuk kita sebelum terjun ke dunia keprofesian, agar bisa mengembangkan rasa cinta terhadap apa yang kita lakukan, sehingga kita akan mampu untuk terus mengasah kemampuan kita tanpa harus merasa terbebani. Jadi, kepada rekan-rekan sejawat, marilah kita gunakan masa kuliah ini sebagai ajang untuk mencintai apa yang kita kerjakan dan pelajari, sehingga kita bisa terus termotivasi untuk tetap mengasah kemampuan kita-bahkan sampai menjadi professor sekalipun- dengan cinta.


I love being a medical student, and I’m trying my best to do a ‘long-life study’ for the sake of patient~
Salam Semangat untuk Sejawat  ^_^
http://photos-d.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc6/269729_294345110672856_814274910_a.jpg
Top of Form

Kamis, 09 Agustus 2012

Eh.. sedikit guyonan

cekcek.. ini ada sedikit guyonan yang saya copy dari grup FORUM MAHASISWA UNIVERSITAS GADJAH MADA 2012 di FB.., Insya Allah buat MABA UGM 2012 udah pada tau.. (kecuali buat yang g pernah buka2 grupnya..:))

Info dari Kermentrian Bahasa dan Sastra Indonesia:

ABJAD BAHASA INDONESIA AKAN DIKURANGI 7 HURUF

LIPI (Lembaga Ilmu Penyederhanaan Indonesia) akan memformulakan aturan baru dlm penggunaan bahasa Indonesia.

Salah satunya adlh mengurangi jumlah abjad pd bahasa Indonesia.

Abjad yg digunakan saat ini berjumlah 26. Para pakar Komunikasi merasa Ke-26 abjad tsb msh terlalu banyak, lagipula ada bbrp abjad yg jarang digunakan.

Pertama, huruf X, diganti dg gabungan huruf K dan S. Kebetulan hampir tdk ada kata dlm bahasa Indonesia asli yg menggunakan huruf ini, kebanyakan merupakan serapan dri bahasa asing. Misal taxi mjd taksi, maximal mjd maksimal.

Selanjutnya, huruf Q diganti dg KW. Kata2 yg mengunakan huruf ini juga sangat sedikit sekali.

Huruf Z. Huruf Z diganti mjd C. Tdk ada alasan kuat tentang hal ini.

Huruf Y diganti dg I. Hal ini dilakukan sebab bunii huruf tersebut mirip dengan I.

Lalu huruf F dan V keduania diganti mjd P. Pada lepel ini masih blm terjadi perubahan iang signipikan.

Hurup W kemudian diganti menjadi hurup U.

Berarti sampai saat ini kita sudah mengeliminasi 7 hurup.

Hurup iang bisa kita eliminasi lagi adalah R, mengingat baniak orang iang kesulitan meniebutkan hurup tsb. R kita ganti dg L.

Selanjutnia,gabungan hulup KH diganti menjadi H.

Iang paling belpengaluh adalah hulup S iang diganti menjadi C.

Hulup G juga diganti menjadi K.

Dan hulup J juga diganti menjadi C.

Caia laca cudah cukup untuk hulup-hulup konconannia.
Cekalank kita kanti hulup pokalnia.
Cuma ada lima hulup pokal,A,I,U,E,O.
Kita akan eliminaci dua hulup pokal.

Hulup I mencadi dua hulup E iaitu EE. Cementala hulup U mencadee dua hulup O iaitoo OO.

Cadi,campe cekalank, keeta belhaceel menkulangee hooloop-hooloop keeta. Kalaoo keeta tooleeckan lagee, Hooloop-hooloop eeang telceeca adalah : A,B,C,D,E,H,K,L,M,N,O,P,T. Haneea ada 12 belac hooloop!! Looal beeaca bookan? Padahal cebeloomneea keeta pooneea 26 hooloop.
Eenee adalah penemooan eeang cankat penteenk dan cikneepeekan! Co,ceelahkan keeleemkan tooleecan anda denkan menkkoonakan dooa belac hooloop telceboot...

*menderita dan ribet kan baca tulisan 4L4y? maka dari itu tulis bahasa Indonesia dengan baik dan benar :D

=======================================
REPOST!!

Minggu, 05 Agustus 2012

Anime dari Ghibli Studio

Hai! HAi! Hai!...

Ahahaha, kayaknya saya udah lama banget nggak ngepost di blog saya yang homey bangeeet ini... >,< ...
Oke, jadi ceritanya kemarin (yah nggak tepat kemarin juga siih, udah beberapa hari yang lalu..) merecall memori ttg anime... aah... dan saya ketemu lagi anime movie favorit saya dulu, yang dulu cuma sekali saya tonton, udah gitu waktu SD lagi... dan ternyata, waktu saya pulang dari IC, kakak2 saya udah pada ngedonloot anime2 dr masa kecil itu,,, sekalian nostalgia kali yah? ^______^

Ada tiga film yang saya rekomendasikan buat ditonton (soalnya saya suka... ehehhehhe:)):
1. Spirited Away

film ini saya tonton waktu kelas 4 SD kalo g salah... itupun pinjem VCD temennya kakak cowok saya..
ceritanya tentang seorang anak perempuan bernama Chihiro yang terjebak di dunia aneh (saya juga g tau itu dunia apa sebenarnya..:)) sewaktu lagi pergi wisata sama keluarganya. di dunia ini dia bertemu dengan seorang anak laki-laki bernama Hakku, yang akhirnya membawanya pada nyonya besar yang juga penyihir... Oleh penyihir itu, CHihiro dipekerjakan di onsen dunia tersebut.


Chihiro dan Hakku :)





Kok, kalo saya yang nyeritain jadi lempeng ya? yah pokoknya, ceritanya serruuu lebih seru drpd saya yang nyeritain, banyak pelajaran yang bisa diambil, salah satunya adalah 'jangan bersikap tamak' dan 'where there is a will, there is a way..'

2. Kiky's Delivery Service

Nah yang ini favorit saya bangeeeettt >.<... ceritanya tentang penyihir cilik berusia 13 tahun bernama Kiky, yang sasuai tradisinya, mengelana di usia 13 tahunnya untuk melatih kemampuan sihirnya. Di kota barunya, Kiky yang mulai memikirkan biaya hidup, membuat sebuah jasa antar barang dibantu dengan seorang ibu yang telah berbaik hati memberikannya tumpangan. Di tengah2 keriuhan kehidupan kota barunya, tiba-tiba Kiky kehilangan kemampuan sihirnya... di sinilah klimaksnya..:) nggakusah saya ceritain ya, biar pensaran... hehehehe
Dalam setiap perjalanannya mengantarkan barang, Kiky mendapat banyak pelajaran, dan juga banyak teman :), salah satu hal yang paling saya ingat dalam film ini adalah 'inspirasi datang berbeda-beda untuk setiap orang, tapi ia ada di sekitar kita, walaupun terkadang kita kehilangan kemampuan untuk melakukan hal yang biasa kita lakukan, kita bisa berhenti sejenak dan mencari inspiraasi lain untuk memulai kembali'


Malam kepergian Kiky :)

3. Howl Moving Castle
yang ini ceritanya tentang seorang gadis bernama Sophie yang tidak sengaja bertemu penyihir tampan dan tersohor bernama Howl. Howl menyelamatkan Sophie yang terjebak diantara tentara eropa saat itu, dan di sanalah Sophie jatuh hati kepada Howl. Namun, ternyata hal itu membawa akibat buruk bagi Sophie, ia terkena kutukan oleh penyihir kota Waste yang membenci Howl... Nahhh.. yah, pokoknya ini cerita tentang cinta yang tulus... :)
Sophie dan Howl
Howl Moving Castle

Serru dan wajib di tonton!!!! :)

Kamis, 26 Juli 2012

Warna Warni

Apa hitam dan putih termasuk warna?
  Kalau iya, mungkin itulah aku
  Si Hitam yang senantiasa tak terlihat
  Terabaikan, mengabaikan, dan diabaikan
    di antara warna warni dirimu

Apa hitam dan putih termasuk warna?
  Kalau iya, mungkin itulah aku
  Si putih yang tak pernah nyata
  Tak ada spidol, krayon, pensil warna
  yang dapat menggambarkan warna putih
    Ia hanya jadi dasar yang akhirnya tertutup
    oleh warna warni dirimu

Apakah hitam dan putih termasuk warna?
  Kalau iya, mungkin itulah warnaku
  Hitam di satu sisi, putih di sisi lain
    HItam yang hanya menjadi bayang-bayang warna lain
   Putih yang hanya akan tertutup oleh warna lain

Apakah Hitam dan Putih termasuk warna?
  Kalau iya, mungkin itulah aku
  Ada tapi hanya bayangan
  Ada tapi tak nyata


25 Juli 2012
Setyani NCh



* Aku terus bertanya pada diriku,
             Adakah aku 'nyata' dan 'hadir' dalam hidupmu?
             Adakah aku 'berwarna' dalam matamu?

Rabu, 11 Juli 2012

---

"Orang-orang yang jatuh cinta terkadang terbelenggu oleh ilusi yang diciptakan oleh hatinya sendiri. Ia tak kuasa lagi membedakan mana yang benar-benar nyata, mana yang hasil kreasi hatinya yang sedang memendam rindu. kejadian-kejadian kecil, cukup sudah untuk membuatnya senang. Merasa seolah-olah itu kabar baik. Padahal, saat itu ia tahu kalau itu hanya bualan perasaannya..."
-Tere-Liye dalam cerpen "Hiks, Kupikir Dia Naksir Aku", dalam buku kumpulan cerita "Berjuta Rasanya"-

Cieeee

Cieee... heheheh.. ehhehe.. uhuk, uhuk... mmm... uhuk... ehm, ehm, cek.. cek..

*aduh, maaf pemirsa saya batuk-batuk keselek..

yah, akhirnya setelah sekian lama on-off buat blogging, saya nulis lagi di blog saya tercinta ini >,<....
Di sini saya mau sedikit share kebahagiaan saya, yang sejak tanggal 6 juli lalu saya resmi diterima di fakultas, jurusan, dan universitas yang saya inginkan.. Alhamdulillah.. :) (kalau yang belum tahu silakan baca postingan saya yang tertanggal 21 April 2012 ..)

Terima kasih buat semuanya.. buat keluarga saya, guru-guru saya, teman-teman saya, dan keluarga besar saya.. terima kasih buat doa dan dukungannya.. terima kasih buat kepercayaannya :)..

di atas semua itu saya mau mengucapkan syukur yang-yah, saya benar-benar bersyukur karena kesempatan yang sudah diberikan Allah SWT buat saya..
Yah, tapi seperti kata seseorang (yang saya lupa siapa hehhehhhehehe Xp) 'sesungguhnya apa yang sudah kita dapatkan itu bukanlah semata-mata hanya karena usaha yang kita lakukan atau doa yang kita panjatkan, melainkan juga karena kemurahan hati Allah SWT'..
Kalau bukan karena kemurahanhati-Nya mungkin saya tidak akan mendaptkan kursi di unviersitas yang saya inginkan..

Bapak pernah bilang "Kalau kamu punya mimpi besar, maka biarkan semua orang tahu, maka akan banyak orang pula yang turut mendoakan untuk kesuksesanmu.."
Makanya saya beuntung kemarin setelah dari tes snmptn tulis saya ngacir kemana-mana, mulai dari salatiga, madiun terus ke solo.. di sana saya ketemu banyak saudara saya, ketemu banyak orang yang nanyain saya mau kuliaah dimana dan sebagainya... jadi banyak orang juga yang turut mengamini untuk mimpi saya itu..
So, buat temen-temen yang masih belum mendapatkan kursi, let the world knows what you want, so they can also pray for your success.., am I right?

-----------

oke, cerita selanjutnya adalah saya masih bingung bagaimana mengatasi phobia saya ini kalau saya nanti masuk kuliah...>,<

Kenapa saya baru kepikiran sekarang yaaa??? -Hadooooohh, mbak???!!!
Saya jadi inget Bapak (lagi-lagi) pernah tanya sama saya 'Dek, kemaren waktu kamu keciil banget, kenapa kamu bisa berhenti ngompol'
Saya jawab 'karena nggak diajak ke pelabuhan ratu..' (iya ini bener lho, karena saya nggak diajak nginep ke pelabuhan ratu habis itu saya berhenti ngompol :))
Terus Bapak bilang, 'itu berarti kamu juga bisa berhenti dari ketakutanmu..'

karena semua orang sudah mulai mempertanyakan hal ini, saya jadi mulai tidak mempertanyakannya (kan udah diwakili gitu maksudnya.. hehehehe), dan kayaknya kalo let it flow bakal lebih nyaman dibanding membayangkannya, iya nggak?


Minggu, 01 Juli 2012

SNMPTN TULIS 2012 @Jogjaaaaa!!!!!

Haihaihaihaihaihai...............

Akhirnya saya blogging lagi... (XD).....

setelah vakum lamaaaaaaaaa banget... (aduh saya jadi malu...)
Yah, sekarang saya mau sedikit (atao banyak ya?) cerita aja pengalaman saya waktu ikut snmptn tulis di jogja kemaren, tgl 12-13 juni lalu...

kenapa saya milih tes di jogja? pertama, saya milih jurusannya dua-duanya di ugm.. pilihan pertama saya pendidikan dokter UGM, dan pilihan keduanya biologi UGM. jadi saya harus milih region 2 (jawa tengah dan jogjakarta) buat lokasi tesnya, nah saya mikir daripada saya kemana-mana mending sekalian aja tes di ugm nya, biar saya sekalian tau UGM itu kayak gimana... (selama ini saya cuma tau dari cerita temen2 yang tinggal di jogja aja...), jadi begitulah...

tanggal 9 Juni saya berangkat dari stasiun Pasar Senen bareng Nida' naik kereta senja utama solo, yapi kita turun di Jogja. setelah sedikit kerusuhan yang terjadi sebelum naik kereta (rusuh apa emangnya?), akhirnya keretanya jalan, dan dengan mulainya kereta jalan, Nida' pun langsung jatuh tertidur di kursinya... dan bangun lagi waktu udah deket stasiun tugu Jogja... (--")

tanggal 10 nya sampai di stasiun tugu, dan setelah agak ribut sedikit sama kakaknya Nida, kita jalan naik taksi sampai shelter transjogja di depan JIH, dan di sana dijemput sama Ima dan ibunya... (okeh, kita emang udah berencana nginep di rumah imawati di Sleman). dan di rumah Ima udah ada Daus sama Disho, si anak Malang (bukan malang yang sifat, tapi kota Malang). Dan, guess what? yang BERNIAT nginep di rumah Imaw ada 6 ORANG!!!, please banget, niat banget ngerepotinnya ya? >.<. yah, Tapi karena kamar Imaw nggak cukup buat berenam, akhirnya kita di-emperin juga di ruang tengah lantai 2 rumah Imaw...

Yaudah, rencana hari itu kita mau belajar bareng Afifah, Dilhoe, Ana, Umar sama Fadlun 9atau siapa ya? kok saya lupa?) di masjid agung manaaaa gitu (iya apa?), yah tapi gara-gara Ichung, another arek Malang, yang datang akhiran ogah buat jalan, akhirnya Afifah, dilhoe dan Ana yang dateng ke rumah Imaw, dan Umar sama Fadlun di suruh ntah kemana... hehehehehe saya juga lupa. tapi, ujung-ujungnya kita malah nggak belajar, dan cuma ngobrol... nostalgia hari-hari waktu kita masih di asrama (well, wisuda ternyata meninggalkan kesan kuat di hati ya...., apalagi buat kami yang sekolahnya berasrama dengan jumlah murid cuma 120 orang seangkatan...). Dan belajar buat SNMPTN pun terlupakan hingga sore tiba... (--")..

11 Juni, kita udah rencana buat tinjau lokasi tes ke UGM (saya, Nida, Daus, Disho, dan Vinayus) sama ke UIN (Imaw sama Ichung). Tapi karena kita nebeng Ayah-Ibunya Imaw yang sekalian mau kerja, akhirnya kita berangkat jam setengah 7, dan ... alhasil belom ada apa-apaan yang ditempel di ruangan dan cuma bisa liat ruangnya doang nggak tau bener ato nggak (itu saya sih..).Jadi ceritanya, Nida, Daus, sama Vinayus yang tes di fakultas teknik (daus di teknik sipil, Nida di teknik Elektro) dan FKG (Vinayus) diturunin di depan Rumah Sakit Sardjito, sekalian Ibunya Imaw masuk kerja di sana. Nah, saya sama Disho yang tes di Fapsi dan FMIPA diturunin agak di belakang.

Dan eng ing eng.... !!!! ternyata Disho salah liat ruangan, dia mestinya tes di FBio (FYI : Fbio sama FMIPA UGM beda), yaudah akhirnya kita memutuskan untuk nyari lokasi tes saya dulu di Fapsi... dan eeehhhhh.... Alhamdulillah, Allah emang baiiiik banget, kita ketemu sama Kak Fuzta, senior saya di IC dan sekarang sudah jadi mahasiswa di Fapsi UGM, dan si kakak inilah yang nunjukin kita ruangan tes saya... ^_^, dan juga nunjukin jalan terdekat ke FBiologi, lokasi tes Disho....setelah berputar-putar dann jalan jauh, akhirnya saya dan Disho berhasil menemukan lokasi tesnya, dan kami nangkring di kios kecil depan RS Sardjito, nungguin Daus, Nida', sama Vinayus yang ternyata juga salah alamat, mestinya di vokasi teknik, tapi mereka nyarinya di sarjana tekniknya...

yah... hari itu CUKUP melelahkan lah...

tapi ternyata malamnya kita juga nggak bener-bener belajar, cuma ngulang aja apa yang udah dipelajari di masa-masa superintensif...dan..

kita diributkan dengan kabar kalao tesnya harus pake sepatu. akhirnya Ichung sama Vinayus keluar buat beli sepatu dan jam tangan buat beberapa orang yang nitip...habis itu yah... gitulah...

-kita masuk klimaksnya-
 12 Juni 2012...

OOooooooohhhhhhhhh........... dag dig dug dueeeerrr rasanya... tes yang akan menentukan kita akan kuliah dimana hari ini dimulai. hhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh............ tarik napas panjaaaaang.. dan akhirnya saya jalan juga ke lokasi tes..
saya udah kayak anak ilang dah di sana. celingukan sendirian.. dan bodohnya saya, saya nggak berusaha kenalan sama orang.. --".

Saya udah matiin hp flexi saya dan mensilent hp xl saya, serta pake jam tangan yang baru dibeli semalam waktu saya masuk ruang ujian, ruang k 302. dan eng ing eng... ketika semu udah duduk, bapak penanggung jawab ruangan bersuara
"Selamat pagi semua... dst... dst..." sampai pada...
"yak, keluarkan hp pertama, dan matikan. mohon untuk DIMATIKAN dan JANGAN di SILENT...terus masukan ke tas dan resleting"
terus... "keluarkan HP kedua, matikan juga"
terus lagi, "Jaket nya dilepas ya.."
dan ... "yang pakai jam tangan, jam nya di lepas, masukkan tas dan diresleting.." JDEEEERRRRRRR!!!!!
Hadooooh, pak...,pak..., udah dibela-belain beli jam 20ribuan... eh sekarang malah nggak boleh dipake... >.<....

yah... udahlah... hari itu berakhir dengan baik, alhamdulillah... saya rasa saya nggak perlu menceritakan betapa susah soalnya...

---- jreng, jreng, setelah perjuangan untuk balik ke rumah Imaw, karena jalanan dimana-mana macet gara-gara snmptn ini, akhirnya kami sampai juga di sana... fuuuuuuuuuuuuhhhhhhhhhhhhh-------------

setelah lelah untuk seharian ini... rasanya untuk sekedar memegang buku saja kami capek... (jyaaaaahhhh lebaaayyyy)... dan malah ujung-ujungnya kita cerita-cerita setan mulai dari cerita serem di ic sampe di rumah masing-masing... Hadooooooh... mbak2, besok masih ada tes kaleeeee?????
dan cerita serem hari itu berakhir begitu saja tanpa akhir yang jelas... dilanjutkan dengan kegiatan masing-masing... yaitu TIDUR....!!!! (asli, NYOLOT banget kita... hehehehehe)

13 Juni 2012...
Eh, hari ini saya baru tahu kalo Shella, temen sekamar saya di IC, tesnya di FIB UGM, tetangga fakultas ternyataaaa!!!... langsung deh, pagi sebelum masuk, kami belajar bareng di depan fakultas psikologi...

dan.... setelah merasakan betapa menyesalnya saya semalem nggak belajar dan malah cerita-cerita serem yang nggak ada manfaatnya buat SNMPTN hari ini... akhirnya berakhir sudah tes IPA............

Fuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh................. saya menarik napas lega sebelum akhirnya keluar ruangan. dari sini saya janjian lagi sama Shella ketemuan di depan FIB, habis itu ketemu Amel di Fpeternakan, jadi saya nggak perlu jauh-jauh jalan ke RS Sardjito buat nemuin 'rombongan rumah Imaw'...
dan setelah pergolakan (apa sih? nggak jelas nih saya --") akhirnya saya, Amel sama Shella jalan sendiri ke malioboro nyusul Nida, Vinayus, Tika yang udah jalan duluan ke sana. Ceritanya kita nggak mau balik duluan gitu,kan abisan tes... refresh pikiran sambil ngumpul bareng anak-anak ICS yang tes di Jogja+Gian yang daftar ulang..

Habis itu kita disusul sama anak-anak yang tes IPS dan IPC...

Huaaaaaahhahahahahahahah................ Capek banget...................................... tapi, kita semua seneng udah bisa melewati hal yang sulit bersama-sama ..........

anak 204 H tes di jogja semuaaaa!!!!

ngumpul di mall malioboro setelah tes.. (nungguin Gian sama Umar makan)

di lantai 2 rumah Imawati... befor test day 2

jam tangan yang dibeli di Jogja 20ribuan (sayang saya nggak jadi make... hiks hiks..)
dan Semoga saya dan teman-teman diterima di PTN semua pilihan kami masing-masing... amiiiiin............

Senin, 28 Mei 2012

The Birthday Song-corrine May

Don't worry about that extra line
That's creeping up upon your face
It's just a part of nature's way
To say you've grown a little more
Trees have rings and thicker branches
Kids shoes get a little tighter
Every year we're getting closer to who we're gonna be
It's time to celebrate the story of how you've come to be

Happy birthday my friend
Here's to all the years we've shared together
All the fun we've had
You're such a blessing
Such a joy in my life
May the good Lord bless you
And may all your dreams come true

So light a candle on your cake
For every smile you've helped create
For every heart and every soul
You've known to grow a little more
A few more pounds, a little more grey
Don't count the years just count the way
It takes a little time to go from water into wine
Don't ever lose the wonder of the child within your eyes

Happy birthday my friend
Here's to all the years we've shared together
All the fun we've had
It's such a blessing
Such a joy in my life
May the good Lord bless you
And may all your dreams come true

good bye 17... and welcome 18

yah, saya baru saja melewati jam 12 malam. batas waktu saya berumur 17 tahun... aduuuh... saya jadi ngerasa tua..

tapi di sini saya mau kilas balik, apa aja yang udah saya lakuin di umur 17 saya..

1. pertama kalinya naik kereta ke solo tanpa orang tua
2. pertama kalinya naik angkot sendiri
3. pertama kalinya makan es pisang ijo
4. pertama kalinya dandan sendiri
5. pertama kalinya pake sepatu cantik
6. pertama kalinya kakinya terkilir..
7. pertama kalinya bisa menikmati hidup dan ikhlas menerima banyak hal
8. pertama kalinya baca Harry Potter 1-7
9. pertama kalinya ikut lomba cerpen nasional dan menang sebagai juara favorit
10. pertama kalinya kehilangan salah satu anggota keluarga
11. pertama kalinya pesiar
12. pertama kalinya keluar pulau jawa


yah, kayaknya masih banyak lagi, tapi saya kok lupa ya... yaudah yang penting, selamat ulang tahun saya////

Sabtu, 21 April 2012

WAKTU

"Kalau, diberi kesempatan untuk mengulang lagi waktu dan merubah sejarah diri kita, apa yang akan kita ubah?
Kalau saya :

TIDAK ADA YANG AKAN SAYA UBAH

FK-UGM...

Saya tahu saya phobia darah...

Tapi saya juga tahu, saya nggak mau melepaskan impian saya buat masuk FK-UGM

jadi, saya cuma berdoa..
"Ya, Allah semoga saya bisa masuk FK UGM tahun ini..."

Amiiinnn....

Nothing to Lose

Bapak pernah bilang ke saya duluuuuu sekali, waktu saya masih SD... "Jangan pernah terlalu berharap, biar jatuhnya nggak terlalu kecewa..."

Saya pikir maksudnya apa. dan saya baru tau beberapa tahun setelahnya...

ketika kita nggak berharap lebih, kalau nantinya kita gagal, kita nggak sangat kecewa gitu...dan nothing to lose..

--tapi ternyata susah ya buat nggak berharap yang muluk-muluk. Saya pernah kelepasan beberapa kali berharap yang sangat amat muluk, dan nggak kesampaian, jadinya sampai sekarang, saya masih suka kesel sama diri saya sendiri, jadi sering menyalahkan dan menekan diri saya sendiri...

Tapi (lagi) sekarang saya tahu bagaimana caranya kita berharap lebih tanpa akhirnya kecewa, yaitu NIAT.
Saya pikir, sekarang saya udah nggak boleh lagi berharap tanpa ada niat dan tekad yang kuat untuk mewujudkan harapan saya, tanpa ada niat yang lebih mulia dibanding sekadar niatan duniawi atau kepuasan semata.

Saya pikir kenapa saya nggak bisa ikut Olimpiade sains kabupaten tahun lalu, mungkin karena niat saya datang terlambat, terlalu terlambat untuk bisa diwujudkan, mungkin juga karena niat saya belum mulia...oh atau sudah, tapi temen2 yang berkesempatan ikut mungkin memiliki niatan yang lebih baik dan lebih mulia dibanding saya...

jadi, sebaiknya dari sekarang, ketika kita berharap, kita sertakan niat mulia dibalik semua niatan duniaawi...!!!! SEMANGAT !!!!!!

Kilas balik 17

1 bulan 8 hari lagi saya akan bebas dari usia 17 tahun...

Selama 17 tahun saya hidup di dunia, jujur saja, saya merasa masih belum maksimal dalam melakukan banyak hal. belajar, organisasi, talenta, atau bahkan bermain dan berteman pun saya nggak maksimal. Ooo jelas sekali kalau banyak penyesalan yang tiba-tiba lewat ketika saya kembali menilik ke tahun-tahun belakang...

Tapi, kalau bisa saya nggak mau menyesalinya. Saya lebih pengen mensyukurinya...

saya bersyukur dilahirkan di dunia ini, di keluarga kecil yang berjumlah 5 orang ini, dengan bapak yang bukan 'orang besar', yang bahkan lulus kuliah aja nggak, tapi dengan begitu nggak ada yang pernah menekan saya untuk menjadi seseorang yang sempurna, nggak ada yang memaksa saya untuk masuk sekolah unggulan ini atau jurusan itu dan sebagainya. Dengan Ibu yang sedikit keras, dan senantiasa sebagai pembatas dalam kebebasan-yang terlalu bebas dalam rumah ini. Dengan Mbak Uccha yang selalu nemenin aku sejak aku kecil, yang rela dibuntutin kemana-mana walaupun saya lebih sering ngerengek daripada ngebantu. Dengan Mas Ibal yang walaupun selalu ngejahilin saya, tapi saya tahu, Mas Ibal sayang banget sama saya... (jyaaahhhh ge errrrrr....).

Saya bersyukur saya masuk ke lingkungan keluarga besar TKIT-SDIT Nurul Fikri Depok, yang di sana saya mendapatkan fondasi keimanan yang kokoh, yang ke depannya membuat saya senantiasa berusaha untuk istiqomah dengan jilbab saya. Saya apresiasi banget dan saya sangat sayang dengan guru-guru TK dan SD saya yang selalu menyertakan nilai-nilai keislaman di setiap pelajaran, yang dengannya saya mengenal Islam di masa kecil saya dengan pandangan positif.

Saya bersyukur mengambil jalan lain saat masuk MTs, saya bersyukur memilih Assalaam sebagai tempat saya melanjutkan sekolah saya. Assalaam adalah tempat di mana saya belajar survive dan untuk bertoleransi dengan yang lainnya, belajar bertanya di pelajaran, belajar berbicara di depan orang banyak, belajar berekspresi, belajar menghafal dan mencintai Al-Qur'an...

Kalau saya nggak masuk Assalaam, mungkin saya nggak pernah tau nikmatnya menghafal Al-Qur'an...

Saya bersyukur saya akhirnya masuk MAN Insan Cendekia Serpong untuk sekolah menengah tingkat atas. Di sini saya belajar menekan ego saya, belajar gagal dan belajar untuk bangkit dari kegagalan, belajar bahwa roda kehidupan selalu berputar-saya nggak selamanya ada di atas, saya belajar untuk ikhlas, belajar untuk bersyukur dengan lebih baik, belajar untuk menerima kenyatan-karena ternyata seirngkali 'dunia' kita awalnya penuh dengan imajinasi tentang diri kita yang berbeda dengan kenyataan, belajar untuk senyum, belajar untuk menjada hati saya, belajar berorganisasi dan memimpin, belajar memahami banyak orang...

saya belajar banyak dari apa yang sudah saya lewati selama tujuh belas tahun ini...

dan saya berharap, saya nggak cuma belajar tapi saya juga dapat menerapkannya dalam kehidupan saya ke depannya amiinnnn... 

Jumat, 20 April 2012

Alhamdulillah....

Alhamdulillah, akhirnya saya bisa blogging lagi setelah lamaaaa banget nggak blogging gara2 menjelang UJIAN NASIONAL... fuuuhh...

dan kini semuanya sudah terlewati, saya jadi lega... alhamdulillah...

Minggu, 05 Februari 2012

Lampuuuuunggg!!! I'm comin'!!!

well, akhirnya saya keluar pulau Jawa juga!!! dan untuk pertama kalinya saya naik kapal dan berlayar.....jauuuuhhh ke seberang pulau....


yah, saya kira bakal nggak jadi rencana ke lampung ini, karena akhir-akhir ini ombak sangat amat tinggi... dan antrian untuk penyebrangan juga sangat amat antri....

but, kita tetep jadi kok, dengan segala usaha dan terutama adalah doa.....

lain kali saya cerita lengkapnya