Sabtu, 27 Agustus 2011

Sudikah Kau, Kawan?


Seandainya bisa, aku ingin terus berada di sampingmu
Tersenyum bersamamu
Sembari bergandengan tangan
Kita tertawa bersama
Terkadang pertengkaran kecil mewarnainya
Ditambah sedikit bumbu dari tangis kita bersama
Dan akhirnya
Sambil menatap satu sama lain
Kita tersenyum
Berucap maaf
Dan kembali tertawa
***
Seandainya bisa, aku tak ingin waktu memisahkan kita
Hingga kita tak lagi saling menatap
Dan sedikit obrolan tak lagi pernah terucap
Bahkan sapaan sedikit terlontar
Tak ada lagi tukar hadiah di hari ulang tahun
Yang ada hanya
Aku di sini dan kamu di sana
***
Seandainya bisa, aku ingin kita tetap bersama
Sekalipun banyak hal yang menghalangi kita bertemu
Tetap saling tersenyum
Dan berjabat tangan
Saling menguatkan
Dengan menepuk punggung satu sama lain
Sembari berkata, "yang kuat!"
Dan pelukan-pelukan hangat
Di sela tangis penyesalan
Atau sedikit berbagi makanan di tengah candaan kita
***
Seandainya bisa, Sudikah kau tetap bersamaku, Kawan?


August, 26th 2011

Jumat, 26 Agustus 2011

Met Idul fitri 1432 H

Selamat Idul Fitri 1432 H bagi para pembaca blog saya....Semoga amal ibadah kita diterima Allah SWT dan diberi ganjaran yang sepantasnya (mutiara hikmah mode on).... Amiin...


saya post sekarang saja, ketimbang nanti nggak sempet hehehehe...

Life is Education


Tentang studi ke Luar Negeri

Tempo hari, akhirnya gw bisa juga punya kesempatan buat ngomong ke Ibu (walopun baru ibu doang, belom bapak juga) tentang studi ke luar negeri...

Gw cerita ke Ibu siapa-siapa aja anak angakatan gw yang mau lanjut studi ke luar negeri, dan juga hasil presentasi universita-universitas luar negeri yang diadain sama Bu Rini-guru BK IC di IC 2 bulan kemaren.. di antara universitas luar negeri yang kemaren presentasi di IC: NTU-Singapura, NYU-Abu Dhabi, dan Univ. belanda secara umum...

Dari presentasi-presentasi itu, timbullah keinginan gw untuk studi di luar negeri, begitu juga temen-temen dan kayaknya lebih dari 10 orang (gw nggak tau pastinya berapa) yang berharap untuk bisa keluar negeri...

Menurut gw itu logis, kayak kata Kak Garda dan kak Mirza waktu presentasi tentang NTU yang kurang lebih kayak gini :
Kalian semua tu anak pinter, kalo di Indonesia, ilmu yang bakal kalian dapet ya... cuma segitu aja, masih ada yang jauh lebih daripada Indonesia. Kalo kalian tetep di Indonesia, yaudah, kalian stuck sampai di situ aja..., padahal masih ada yang lebih yang bisa kalian dapatkan..
Dan juga mengutip dari blognya Maryam Zakiyyah,
Bener kata Anisah, ini bukan tentang prestise, tapi untuk menentang diri lo sendiri. Bisa ga sih lo bertahan ketika lo memutuskan buat keluar dari zona nyaman? 
Dan gw maklum kalo anak IC banyak yang mengincar beasiswa luar negeri. Sehubungan dengan IC itu sekarang beasiswa total-jadi pasti banyak juga temen-temen yang kurang mampu untuk ambil kuliah di dalam negeri tanpa beasiswa walopun cuma beasiswa 20% (termasuk gw juga)...
Karena, banyak tawaran beasiswa dari luar negeri,. Dan buat kuliah di luar negeri dan mengincar beasiswa itu kita masih bisa ngejar ilmu selama masih di SMA boarding ini buat kuliah dan mendapatkan beasiswanya. Tapi, kalo kita ambil kuliah dalam negeri yang jatah beasiswanya nggak seberapa sama di luar negeri, kita nggak bisa nyari uang selama kita masih sekolah di SMA boarding ini...
Kira-kira begitulah, kenapa banyak yang lebih tertarik untuk kuliah di luar negeri ketimbang di dalam negeri


Kita Sebut itu "Kenangan"

Sudah sekian lama pensil ini terpaku
Tangan pun sudah kelu
Lelah bergerak ke sana ke mari
Menuliskan setiap memori
Ingatan tentang kita selama ini

Kita tertawa hingga menangis
Kita terisak hingga tersenyum
Kita emosi hingga merenung

Ah! Ternyata itu sudah lama ya?!
Rasanya baru kemarin kita bertemu
Rasanya baru kemarin kita menertawakan diri masing-masing
Rasanya baru kemarin kita menangis di lorong bersama
Rasanya baru kemarin kita tengah berantem
Lantas berbaikan..
                         Ah....
                                    Rasanya baru kemarin....
                                                                          Iya kan,
                                                                                       Kawan?

Dan sekarang kita harus bersama-sama menjejaki masa tua kita
Lantas berpisah dengan masa lalu
Dan suatu saat nanti, kita sebut itu "kenangan"

It's Time For Depok Community!!!

Ini nih komunitas anak IC Serpong di Depok...!!! (FYI : di IC, karena datang dari seluruh penjuru negeri, maka terbentuklah komunitas-komunitas kedaerahan untuk sekadar mengingatkan tentang daerahnya masing-masing, bukan untuk membangun persaan 'sukuisme' antarsiswa IC).

Nah, waktu gw kelas X-XI, Komunitas anak Depok gabung sama anak-anak Jakarta jadi namanya DJ.co. Tapi, karena anak-anak Jakarta jarang yang dateng waktu buka puasa bareng di Jakarta/Depok, akhirnya... kami-anak-anak Depok- menyatakan dengan ini KEMERDEKAANNYA!!!! (berasa proklamasi aja...)

Yo'i. Dan seperti itulah seterusnya. Untuk buka puasa bersama anak Depok kali ini tempatnya di Pondok Laras-Kelapa Dua, Depok.



Pemberitahuan buka bersama
Yah, atas tag-an Mz. Faiz (seperti yang tertera di papan penge-tag-an Pondok Laras), akhirnya kita buka puasa di Pondok Laras dengan 'miris'...(lhah?). Nggak, bercanda kok...Walopun awalnya dibilang jam 4 kumpul, tapi... namanya juga orang Indonesia, jamnya pake karet gitu, akhirnya baru pada kumpul jam 5. 

Dari 15 orang anak Depok Community yang awalnya terdata ikut, yang hadir cuma 10 orang!!!! Uda mana putrinya cuma bertig : gw, Aisyi, sama Inggar yang emang rumahnya pda deket sana...! Well, tapi nggak pa-pa, nggak kayak kata Faiz (Faiz waktu buka puasa kemaren, dikit-dikit tanya ke gw : "Nyesel ya dateng ke sini?" dengan tampang dia yang terlihat menyesal-jadi siapa yang sebenernya menyesal?), gw nggak nyesel. Seru sih...

Tapi ketimbang seru acaranya (acara apaan ya?, saya rasa kita nggak pernah merencanakan acara apapun..), lebih seru milih-milih menunya!!! Hahahahahah...

Dan setelah beberapa lama mengendap di Pondok Laras sambil menunggu teman-teman lain, Faiz akhirnya keluar Pondok Laras buat beli sesuatu (karena di pondok laras harganya mahal-mahal, akhirnya-entah siapa yang mengusulkan, Faiz jalan beli sedikit gorengan dengan membawa tas besarnya, karena sebenrenya nggak boleh bawa makanan dari luar Pd. Laras)...

Sementara itu, di dalam Pondok Laras... (JRENG! JRENG! JRENG!!)

Sementara Faiz nyari ta'jil, akhirnya yang udah dateng milih-milih menu buat makan malam...dengan amat-sangat perhitungan... (entah kenapa Faiz bawa kalkulator)... setelah menimbang, memilih, menghitung, menyocokkan, dsb... akhirnya dipilihlah menu : nasi, ayam bakar, gurame 5 ons (karena yang tertera di daftar menu harganya per ons), es teh manis, es teh tawar (fadli doang ni yang mesen, gara-gara nggak mau rugi)..

Setelah diberikan daftar menunya ke mbak-mbaknya, eh.. si mbak datengin kita.. "Dek, ini guramenya nggak bisa ons-an kayak gini, bisanya satu gurame. dan satu ekor gurame bisa sampai 7-8 ons. bisa untuk berempat lho!"... ngek~! 7-8 ons dengan harga per ons nya 12ribu... uangnya siapaaaaaaa???!!!!!! Tadi ajaa mesennya sampe pake kalkulator!!!

Akhirnya kita ambil menunya lagi dengan alasan, "Ooo, kalo tadi ayambakarnya kita mesen berapa mbak?ng...yaudah mbak, liat menunya lagi deh mbak..". Dan begitulah kira-kira.... akhirnya kita mengubah menunya menjadi cumi-cumi.., padahal tadi udah dipertimbangkan dengan pernyataan Salman : "Eh, kalo beli gurame, mending cari yang durinya dikit dah, kalo durinya banyak tu berat-beratin doang... pasti mahal didurinya tu.." (ngek~!! Perhitungan banget kan?). Gw juga inget Salman tanya sebelum mesen minum, "Eh, Teh botol sama Es Teh Manis banyakan mana? Kok harganya sama ya?" (ngek~!, bener-bener dah... saking TERLALU perhitungan, sampe jadi kayak gini ni...)

Well, akhirnya kita buka dengan gorengan yang dibeli Faiz, kue lapis legit yang gw bawa, sama kue bolu yang dibawa Paul alias Irpan dan segelas teh manis (dan segelas teh tawar untuk Fadli yang nggak mau rugi)...Dan makan malam abis shalat...

Udah mesen banyak-banyak juga nasinya sisa satu bakul tuh!!! Tapi, untungnya kita nggak mesti cuci piring di Pondok Laras karena uangnya kurang (ahahahahaha...). Biarpun begitu -ini karena kebiasaan gw aja- gw tetep beresein piring, gelas, dan peralatan lainnya, gw tumpuk dan gw kumpulin jadi satu,biar ntar yang ngambil gampang, tapi malah dikomen sama Baim : "Kak, ngapain lu kumpulin kayak gitu, kalo uang kita kurang mah nggak pa-pa.."(Astaghfirullah...orang  mau berbuat baik kok ya...:D)

Acara Buka puasa ini ditutp dengan foto-foto bareng di saungnya pondok laras sembari ditungguin mbak-mbak dan mas-mas yang mau bersihin tu saung... ^_________^

dan gw menegaskan : GW NGGAK NYESEL, KOK....

sdikit goreng-gorengan untuk buka puasa..

nasinya sisa satu bakul

piring dan gelas yg gw tumpuk

foto bersama setelah buka puasa bareng

menu di pondok laras...

ayo berhitung!!!

tag-an nya Faiz

Hedonisme anak Depok :D





Kamis, 25 Agustus 2011

Barbie And Diamond Castle-Two Voices One Song

Di sini (lagi-lagi) gw mau nge post lirik lagu, kali ini lagu "Two Voices One Song" dari (lagi-lagi) Barbie And Diamond Castle. 
Sedikit cerita tentang Barbie Diamond Castle, berkisah tentang dua gadis (barbie) yang berpetualang mencari "Diamond Castle" yang dikunci dengan mantra hingga tidak tampak untuk menjaganya dari serangan penyihir jahat.

Di Film ini, banyak banget lagu-lagu bagus, salah satunya yang akan gw post di sini (bukannya gw maniak barbie lho..., cuma kebetulan makna lagunya bagus). Kalo denger lagu ini, gw jadi inget temen-tmen gw, sahabat-sahabat gw seperjuangan yang udah bareng-bareng melewati kerasnya kehidupan (jyaaahhhh, bahasa gw..). -terutama temen-temen di IC, angkatan gycentium Credas Disorator-. Terlepas dari lagu ini lagu barbie ato bukan, tapi gw harap temen-temen semua bisa memahami makna di balik lirik lagunya...

It's so rare to find a friend like you
Somehow when you're around the sky is always blue
The way we talk
The things you say
The way you make it all ok
And how you know
All of my jokes
But you laugh anyway...
If I could wish for one thing
I take the smile that you bring
Wherever you go in this world I'll come along
Together we dream the same dream
Forever I'm here for you, you're here for me
Oh ooh oh
Two voices, one song
And anywhere you are you know I'll be around
And when you call my name I'll listen for the sound
If I could wish for one thing
I take the smile that you bring
Wherever you go in this world I'll come along
Together we dream the same dream
Forever I'm here for you, you're here for me
Oh ooh oh two voices one song
If I could wish for one thing
I take the smile that you bring
With you by my side I can go on
Now I have all that I need
And the sweetest sound will always be
Oh ooh oh two voices one song
Oh ooh oh two voices one song
Oh ooh oh two voices one song

Rabu, 24 Agustus 2011

Connected- Katharine McPhee

I'm blind-folded on this carriage ride that they call life. Keep trying to make it through the next turn, knuckles white and holdin' tight. So here I go, takin' the curve, but I know that I'm never alone. I think of you, and how you never let me go.
 
I feel connected (connected), protected (protected), it's like you're standing right with me all the time. You hear me (you hear me), you're near me (you're near me), and everything else is gonna be alright. 'Cause nothing can break this, nothing can break this, nothing can break this tie. Connected... oooooh connected inside.
 
It's not an accident, the time we spent apart. But now we're so close, I can always find you right here in my heart. You've given me somethin' I need, and I don't ever want it to end. Because of you, I know I've found my strength again.
 
I feel connected (connected), protected (protected), it's like you're standing right with me all the time. You hear me (you hear me), you're near me (you're near me), and everything else is gonna be alright. 'Cause nothing can break this, nothing can break this, nothing can break this tie.  
 Connected... ooooh connected inside.
 
Everytime that I breathe, I can feel the energy. Reachin' out, flowin' through, you to me and me to you. wake or dream, walk or stand, you are everywhere I am. Seperate souls, unified, touching at the speed of light.
 
oh, yeaaaaaaaaah, oh whoa YEAH
 
I feel connected (connected), protected (protected), it's like you're standing right with me all the time. You hear me, you're near me, and everything else's gonna be alright. connected (connected), protected (protected), it's like you're sitting right with me all the time. You hear me, you're near me, and everything else's gonna be alright.
'Cause nothing can break this, nothing can break this, nothing can break this tie.
connected, connected inside, connected, connected inside, connected.
oh Yeah!

Kucingnya Allah

Tempo hari, keponakan saya datang. Umurnya baru 5 tahun, dan baru tahun ini dia masuk TK A. Adhia namanya, balita yang satu ini hobiiiiii banget ngoceh tentang apapun yang dia suka. Dan dia suka banget sama boyband SMASH. Sampai-sampai dia hafal tarian dan lagunya dan nggak bosen buat nari di depan kaca di depan kamar saya.

Sudah sehobi itu sama SMASH, tapi otaknya cerdas, penggunaan bahasanya juga baik sekali. Terkadang, orang dewasa saja tidak berpikir untuk menggunakan kata-kata yang ia gunakan. Lucunya, saat tempo hari Adhia datang ke rumah saya dengan gayanya yang khas (berteriak kencang memanggil Ngkong-ayah saya- dari jarak sekian meter dari rumah saya), ada kejadian menarik yang membuat saya agak sedikit tertohok.

Di rumah saya ada beberapa ekor kucing yang memang dibiarkan tinggal di rumah saya. Oleh kakak saya, mereka dinamakan, Myssil-sang ibu kucing, Ni-kun si kucing yang buta, dan yang paling kecil  serta yang paling heboh Kuro. Kebalikan dengan kakak saya, saya sangat tidak suka dengan kucing-lebih karena mereka mengganggu.Saat saya berusaha mengusir Kuro dengan sedikit memukulnya-tapi tidak kencang- tiba-tiba Adhia berteriak, "Mbaaaakkkk!!! Jangan dipukul kucingnya! Itu Kucingnya Allah!!!!!".

Spontan saya berhenti mengusir, dan memilih pindah tempat. Masya Allah... anak seumur itu saja paham bahwa semua Makhluk diciptakan Allah dan berhak mendapatkan kasih sayang dari sesama Makhluk-Nya, namun kita, orang yang sudah tergolong dewas, terkadang masih suka alpha terhadap hal-hal seremeh itu... Subhanallah..

This is what I called by "Chubby Rapper"

YEah!!! akhirnya gw punya kesempatan juga buat cerita tentang "chubby rapper" atau kalo dipanjangin jadi "Chochubby (baca:kaukaby) is Mr. Rapiq Lovers) atao yang lebih dikenal dengan kelas XII IPA 5!

Di postingan kali ini, gw mau menjabarkan satu-satu teman satu kelas gw yang "unik dan bersemangat" ini...
Oke, dimulai dairi absen 1,

1. Alfian Syaputra

Ato yang sering dipanggil "Kapten"-jujur gw nggak tau kenapa dia bisa dipanggil Kapten. Asalnya dari Pulau nun jauh di seberang sana (*halah lebay nya keluar). Yak! betul sekali, Pulau Sumatera, tepatnya beliau (lhah??) berasal dari Riau!!! Sebelumnya Kapten menjabat sebagai ketua kelas di kelas XI NS 4 (I-Vitz). Kata temen-temen sih (kata gw juga  sih) walaupun tampangnya Kapten tuh bocah banget, tapi dia nyolot, walaupun nggak lebih nyolot daripada Efa (maaf ya Efa...). Kata-kata Favoritnya di kelas adalah (ditujukan ke Akmal) "Males gue mal!"

-maaf karena gw baru sekelas selama 2 bulan, jadi nggak banyak yang bisa gw bilang tentang Kapten-


2. Annisa Firdaus Winta Damarsya

Panggilan aslinya "Nis!" tapi, karena di angkatan aku (lumayan) banyak yang dipanggil Nis, jadi dia menyerah (menyerah nggak ya?) dan akhirnya memilih untuk dipanggil "Daus!". Daus si Jayus dan Ahli biologi (se-KBS sama aku selama 2 tahun, dan kami sama-sama tim inti) ini berasal dari Batu, Malang. Well, nggak ada deh yang ngalahin Daus dalam kejayusannya!!! Jyaahahahaha... bercanda...

Sekalipun, kadang dia suka agak sedikit nyolot dan jayus, tapi logikanya dia tuh jalan banget, salut gw sama Daus. Dan orangnya hemat! (lhah?) Eh iya lho, dia cuma beli aksesioris angkatan dan kepanitiaan (kaos, pin, blazer) dengan uang jajannya yang ditabung sekian bulan... keren kan??

3. Chairul Akmal

Asalnya dari Aceh. Dia memprokalmirkan dirinya akan menjadi Presiden Aceh berikutnya. Emang sih kebanyakn pemikiran si Maleo ato Komal ini pemikiran-pemikiran separatis gituh..., tapi jangan salah, sekalipun rasionalitas dia jalan, tapi dia orangany "dangdut" banget dah...(makanya Kapten suka bilang "Males dah gua Mal!", apalagi kalo Maleo udah mulai nyanyi dangdut). Lagu-lagu koleksi dia di Mp4 nya tuh beda! lain dari yang lain!

Mp4 nya mengkoleksi lagu mulai dari lagu terbaru sampe lagu terjadul, mulai dari lagu rock, pop, sampe lagu dangdut dan melayu...tapi, dia lebih sering nyanyi lagu-lagu dangdut (ato karena semua yang dinyanyi in sama dia terkesan kedengaran kayak lagu dangdut aja ya?) dan Melayu. Weits, gitu-gitu dia adalah Syekh dalam menyanyikan lagu untuk tari saman lho!!!

Selain nyanyi dangdut, kemampuan si koordinator kedispilinan OSIS ini dalam bidang sastra juga bagus. Apalagi kimia... beuh! Jago dah dia...


4. Efa Hazna Lathiefah

Kalo ada award orang ternyolot, kayaknya Efa bakal menerima Award itu. Beneran dah! dia tuh nyolot-senyolot-nyolotnya! Tapi dia nggak nyolot sama orang yang minta diajarin pelajaran, justru penjelasan dia tentang fisika, kimia dan matematika tuh enak banget buat dimengerti.

Jagoan kelas XI IPA 2 dulu nih..., walaupun malemnya dia tidur pulas di atas kasurnya (padahal besoknya ada ulangan fisika) dan paginya panik setengah mati setengah idup, Efa pasti tetep bisa ngerjain soal-soal Fisika dengan lancar.... dan dapet nilai jauuuuuuuh di atas KKM!!! (*sakit haaaaaaaaaati nggak seeeeeeeeh?)

Tapi, kalo udah lagi suasana ngobrol, pasti Efa nggak pernah bisa ngomong dengan cara biasa!


5. Hasan Fahrur Rozi

Kalo Oji jago banget nyanyi. Nggak diragukan dah suaranya! Udah gitu kebapak-an banget!, makanya dia jadi koordinator divisi Sosial Masyarakat OSIS yang punya program "Sekolah Ahad untuk anak-anak warga Kampung Atas". Udah gitu jago masak! Nggak kalah sama masakannya Ifa... hahahahaha....Tapi, menurut gw, orangnya agak sedikit formal, jadi gitulah...(*silakan membayangkan sendiri)





6. Hilmy Abdurrahim Kaukaby

Yea!!!! Ini ni si ketua kelas yang hobi cabut! Padahal baru 2 bulan naik kelas 3, eh cabutnya udah beberapa kali, yah walaupun cabutnya juga karena ngerjain tugas si...

Hilmy tuuh jago banget di bidang art (Well, dia koordinatior MPS Seni Budaya). Sampe-sampe buat lomba kaligrafi Ramadhan tahun ini, dia bentuk jadii teddy bear... lucu kan?
-karena gw baru kenal Hilmy (sebelumnya gw nggak pernah ngomong lho sama Hilmy, baru di kelas 3 ini aja, itu pun gara-gara sekelas), So, nggak banyak yang bisa gw ceritain dan gw deskripsikan tentang ketua kelas gw yang satu ini...


7. Imawati Lathifah

Ima anak kamarku aku!!!! hihihihii.... kasurnya di bawahku dan mejanya di sebelah aku! (Lha terus?) Asalnya dari Jogja. Dulu, waktu kelas X, Ima empet ada kasus sama anak-anak seangkatan... tapi menurut gw, kasus itu udah lama.. dan udah selesei, jadi nggak perlu diinget dan diungkit lagi.

Orangnya selalu ceria! Hahahahahaha......Dan seperti ciri khas Chubby Rapper, semangatnya kayak nggak pernah habis..!!!!




8. Izzah Aisyah Ridlani

Gadis Lamongan yang satu ini sering disebut-sebut sebagai "Ms. Galau". Beneran dah! Tampangnya tuh terlihat selalu galau... padahal nggak ada yang terjadi..., Dan padahal dia debaters (walaupun debater, tapi bahasa Arabnya Izzah jago banget deh..Nggak kalah sama bahasa Inggris nya)... tapi tampang galaunya itu lho!!!! Nggak nahanin banget....!!

Izzah 2 tahun menjabat sebagai bendahara MPS. Mulai dari bendahara 2 sampe jadi bendahara 1. Izzah punya kakak dan adik sepupu yang sama-sama sekolah di IC. Dia juga ketemu temen SD nya di IC, namanya Pyan (sekarang dia sekelas sama kita, dan anak-anak seangkatan-bukan cuma sekelas- hobi banget ngeceng-ceng in Izzah sama Pyan). Kalo denger-denger cerita 'masa lalu' nya Izzah pasti nggak akan nyangka deh... beda banget sama Izzah yang udah hidup dan tinggal di IC.

Satu lagi yang menarik dari Izzah, dia cuma nggak galau kalo Irfan (temen sekelas kita juga) udah mulai beraksi, entah ngomong atopun melakukan suatu hal.

9. Mohamad Sofyan Sodiq

Nah, kalo yang satu ini, nyaris mirip sama Fadli, kayaknya se-IC nggak ada yang nggak kenal! soalnya 3 (atau 4) turunan (bukan 7 turunan) di IC semua dan semuanya jadi dokter!! Beuh! mantep kan? Tapi, kalo kamu liat tampang sodiq, pasti nggak tahan pengen ketawa (nggak juga sih. Malah justru sebel sebenernya. Peace sodiq!).

 Sama seperti kakak-kakaknya, sodiq juga mengincar untuk menjadi dokter. Well, tapi sikapnya nggak mencerminkan itu semua, sampe kayaknya se-IC nggak ada yang yakin kalo Sodiq jadi dokter dia akan dengan baik memeriksa pasiennya.

Sodiq itu sohib karibnya Irpan. Mereka kompak deh! kemana-mana selalu berdua (ciiihiiiiiiiiyyyyy). Terus, kalo satu udah tidur, pasti yang lain menyusul. hehehehhehehe... dan mereka dulu juga satu divisi... divisi IPTEK!!!!..

10. Muhammad Irfan (Paul)

Ini dia Paul (ngakunya si bernama Paul) si idolanya Izzah!! (lhah?!) Nggak, bercanda. Irpan mantan koordinator divisi IPTEK. Dan seperti yang udah gw bilang, Irpan adalah sobat karibnya Sodiq.

Yang unik dari Irpan adalah dia (entah kenapa) gampang banget tidur di segala kondisi (sampe-sampe dia dikhawatirkan tertidur saat Laporan Pertanggung Jawaban OSIS! >.<). Tapi, nilai dia bagus-bagus banget! Dan herannya, kalo lagi pelajaran gitu, belom ada beberapa menit berlangsung, dia udah tidur, kalo dibangunin, bakal tidur lagi, dan kalo dibangunin lagi serta disuruh ngulangin apa yang barusan diomongin gurunya, dia jawab, dan bener! Aneh dasar emang...

satu lagi yang unik dari Irpan, dia Hi-tech.jago banget dah kalo udah tentang komputer dan segala antek-anteknya. Bedanya sama Akmal yang juga Hi-tech, dia nggak terlihat suka untuk nge-hack komputer orang lain, entah kenapa. Tapi juga murah hati buat ngajarin orang yang gaptek (kayak gw contohnya...)...

11. Muhammad Salman Al-Farisi

Mengaku bernama George (entah darimana dia kepikiran buat make nama itu). Beda dengan Irpan, Salman jago nya di bidang desain-mendesain dengan komputer (Salman mantan koordinator divisi Jurnalistik). Eh, jangan salah (siapa yang nyalahin?), dia juga jago banget di bidang fisika, persamaannya dengan Irfan, sama-sama enak kalo ngejelasin tentang bidang yang dia bisa.

Di balik 'kejagoannya' di bidang fisika, Salman lemah banget kalo udah menyangkut masalah biologi. Sampe guru-guru biologi tu heran dan pernah ada yang bertanya ke gw, "Salman tu, emang suka remedial ya? Kalo di pelajaran lainnya gimana? Kok di biologi dia remedial melulu si...?"

Wallahu a'lam bish shawwab deh... cuma Allah dan Salman yang tahu...

12. Naylah Muna

Naylah juga anak jurnalistik. Bedanya sama Salman, Naylah punya semangat hidup yang tinggi!!! (Lhah?). Setiap apa yang dia lakukan pasti dia lakukan dengan niat dan semangat! Karena semangatnya itu Naylah sering banget dapet kepanitiaan sie acara...

Naylah benar-benar bersemangat dah orangnya. Kayaknya baterai kehidupan dia nggak pernah abis aja... Bahkan saat ngantuk sekalipun (nggak selebay itu juga sih..). Pokoknya satu kata dah yang bisa mendefiniskan Naylah : Semangat!

Naylah termasuk anak-anak yang nggak mager (alias males gerak) di angkatanku. Dengan semangatnya yang tinggi itu, pasti Naylah mau banget repot buat melakukan hal-hal yang emang harus dia lakukan...Beuh! MAntep banget dah!

13. Nida' Hajidati Fauziyyah

Panggilannya Nida'. Bersama Akmal memegang amanah sebagai kooridnator kedisiplinan OSIS. Bedanya, Nida' bener-bener amanah bahkan sampai jadi sie tata tertib di PTS 2011 ini.

Kayak Naylah, Nida' juga punya 'semangat' (sekalipun Naylah tetep yang paling semangat di segala bidang!).Nida' punya tampang yang paling nggak nahanin di IC! Kata-kata favoritnya, "Harga diri gw jatuh". Yah... kamu bisa bayangin orang seperti apa dia. Walaupun begitu, Nida' sangat ekspresif! Sangat amat ekspresif!! Dan kemampuan public speaking nya juga bagus...

Nida' sempat menjabat sebagai ketua angkatan putri waktu angkatan aku kelas XI, makanya aku bisa bilang Nida' orangnya supel. Dia bisa masuk ke semua golongan.. (Well, di kelasku banyak orang setipe sama Nida' si... kayak Naylah, Nikari, Daus, dll...) .

14. Nisa Karima

Panggilnya Nikari. Gadis Jakarta ini sering banget dibilang 'asik'. Beneran 'asik' bahkan terlalu 'asik'... Hahahahaha.. Nggak kok bercanda. Kemampuannya dalam ber-sastra ria jangan dipertanyakan!!! Beuh! Jago!!!!

Bersama Oji, Nikari memegang amanah sebagai koordinator divisi sosial masyarakat OSIS di OSIS periode sebelumnya. Dan dia seneng banget sama yang namanya anak-anak, sekalipun anak-anak itu adalah serigala berbulu domba....hahahahahhah

Temen belajarku banget dah Nikari tu! Kita tiap malam belajar (boong ding, kalo ada tugas ato ulangan doang kok.. ^___^). Tapi, pasti cepet banget tidurnya (sesat! Hahahahahaha...).  Ok!OK! Dan Nikari orangnya perfeksionis! Begitulah..

Kita sesama sekertaris acara Ekstern! Dan kita bangga menjadi sekertaris! Nikari sekertaris acara I-Care 2011 yang diketuai oleh Pyan (kalo aku sekertaris acara I-FUN 1431 H). Makanya, kita suka share tentang masa-masa saat masih menjadi sekertaris.

15. Pyan Putro Surya Amin Muchtar

Panggilannya Pyan (bukan P-Man, sekalipun tampangnya udah kayak Casper -lhah???-). Bocah Lamongan yang satu ini, adalah salah satu peserta OSN Ekonomi 2011. Nah lho bingung ya? Iya gitulah.... sekalipun dia adalah anak IPA tapi dia ikut Klub Bidang Studi Ekonomi. Bahkan, dia lebih jago ekonomi dibanding fisika, sampe-sampe pernah dia mempresentasikan kurva dalam fisika dengan penjelasan kurva ekonomi!!! (what the...????)

Di OSIS periode sebelumnya, Pyan memegang amanah sebagai ketua 2 OSIS. Leadership Pyan menurut banyak anak bagus banget, di samping dia menjadi ketua I-Care 2011, dia juga nggak ngelepasin divisi-divisi di bawah tanggung jawabnya...Nggak kayak ketua yang manaaaa gitu... yang kalo udah megang satu acara gede, divisi di bawah tanggung jawabnya di lepas dan nggak ngaku gitu... (siapa ya??)

Kayak Hilmy, Pyan jago banget di bidang art. Kelasku waktu kelas XI beberapa kali menang lomba poster dkk, karena buatan tangan dia!!! Beuh! Manteup kan???

16. Reza Afri Imelda

Eja panggilannya. Asalnya dari Jakarta!!! Eja tu imut banget deh kalo kamu tau orangnya! Teman sperjuangan di kelas fisika... (kita sama-sama harus berjuang lebih ni kalo di kelas fisika...). Mantan anggota divisi bahasa OSIS di OSIS periode sebelumnya.

Kalo ejha ngomong, di belakangnya pasti ada tambahan "Lhah~!" dengan nada yang agak panjang (silakan dibayangin sendiri). Pokoknya Ejha tu imut dah! Dan mager.....alias "males gerak", kontras banget dah sama Naylah!! (Kok Naylah melulu ya??? Hahahahhaha..).


17 Rifa'atul Mahmudah

Ini dia Mama kita... Hahahahah.... Panggilannya Ifa, asal dari Malang (kalo nggak salah)...Si Bendahara 1!! Kalo sama Ifa, nggak ada deh anak cowok yang berani (agak sedikit lebay si...) Pokoknya Ifa manteup dah! Jago masak juga kayak Oji...

Di OSIS periode sebelumnya, Ifa memegan amanah sebagai koordinator divisi lingkungan. Dan beuh!!! manteup dah kalo udah bangunin anak-anak minggu pagi buat ikutan SUNMORE (semacam kerja bakti se-IC). Dan Ifa suka ribut sendiri kalo udah ngeliat asrama tu kotor.. (maklum, jiwa lingkungannya sudah terasah!!...). Jadi sekalipun udah lengser dari OSIS, Ifa tetep jadi sie kebersihan asrama putri...


18. Saefudin Juhri

Ato yang lebih sering dipanggil 'Saeju' ini berasal dari Brebes. Di OSIS periode sebelumnya menjabat sebagai ketua 1. Dan Saeju juga partisipan OSN Kebumian 2011 ini. Waktu gw kelas XI, Saeju menjabat sebagai ketua umum angkatan kerjanya bertiga memimpin angkatan dibantu Nida' sama Akmal.

Saeju sama Pyan tu udah jarang banget di kelas... sampe kadang-kadang lupa kalo mereka berdua adalah anggota kelas kami (hahahahaha... maap ya..)

Kayak Sodiq, Saeju juga terkenal di antara guru-guru, bedanya, Saeju terkenal bukan karena kakak-kakaknya, tapi karena dia 'baik' di mata guru... Yah walaupun gombalnya selangit!!!

19. Setyani Nurul Chotimah

Well, This is me!!! kira-kira seperti itulah gambaran secara umum anak-anak kelasku....!!! Yah, jadi gw juga nggak beda jauh sama mereka kok... 'semangat', 'mager', dkk...

Well, So, gimana kalo lanjut ke "Yang Berkesan dari Chubby Rapper"?

Banyak hal, sekalipun baru 2 bulan, yang berkesan dari kelas XII ini. Walaupun kita masih pada suka lupa kalo si dai ato si anu ato si itu sekelas, tapi,, ya inilah kelas XII NS 5!.

Chubby Rapper membuat Ramadhan terakhir di IC menjadi berkesan-sangat. Waktu lagi lomba-lomba tujubelasan tu... walaupun cuma menang lomba halang rintang, tapi kita punya pengalaman beda!

Yah, kita semept nggak dengnerin instruksi buat lomba bakiak, jadi lomba bakiak jelas kalah (waktu itu kita malah ngumpul sendiri dan main truth or death), dan buat lomba tarik tambang, kalo menggunakan prinsip anak ceweknya, 'daripada kalahnya ntaran,sementara kita udah berjuang, mending juga kalah di awal'. hehehehehe....

Yang berkesan lagi waktu Bupalas, alias Buka Puasa Kelas. Anak ceweknya (sempet) bikin nutrijell dan es blewah... beuh!!! niat banget kan?? Hahahahhaha...

Kalo udah akhir tahun, mungkin gw bakalan barbisa dengan lengkap menceritakan yang berkesan dari Chubyy Rapper...

Senin, 22 Agustus 2011

Yang Berkesan dari Insan Cendekia Part.3

Again... sebenernya gw masih bingung mau nge post apaan lagi, so, ini tentang yang berkesan dari Insan Cendekia di tahun ketiga yang baru gw alami selama 2 bulan...

13. Chubby Rapper a.k.a XII NS 5 2011/2012

Well, kelihatannya agak sedikit alay gimana gitu namanya... tapi inilah kelas gw di tahun ketiga... ketua kelasnya Hilmy Abdurrahim Kaukaby, bisa ditebak kan dari mana nama "Chubby" diambil.. (eh jangan salah, Kaukaby nggak chubby lho.. bahkan sebaliknya...*jahat mode on)... then, di kelas ini gw nyaman,karena banyak anak-anak yang sepaham dengan gw.. (*ekh, berasa gw punya aliran sendiri gituh...)

Wali kelasnya pak Rapiq, guess what?, nama Rappers diambil dari wali kelas gw yang ganteng itu, its mean "Rapiq lovers" ato Rapir Lopers ya..? ya sejenis itulah...

Kelas gw tuh rame (lagi-lagi) tapi nggak ribut sampe riuh rendah kayak kelas gw sebelum-sebelumnya. Tapi rame semangat (ada naylah sih..., lhah?). banyak deh, berkesan juga waktu bupalas nya... Lain waktu gw post tentang kelas gw dan apa aja yang berkesan dari kelas gw dah...

14. Tasyakuran Milad Gycent

Sehubungan dengan hari jadi gycent yang ke-2, angkatan kami mengadakan "tasyakuran milad Gycent" yang berlokasi di kantin sekolah dengan didekorasi sedemikian rupa... seru, berkesan, menyebalkan, campur aduk...

Tapi dengan diadakannya tasyakuran ini menandakan kalo sebentar lagi kami bakal berpencar dan berjalan di jalannya masing-masing.

Sebenarnya hari jadi gycent tanggal 6 september, tapi berhubung masih ntaran, jadi pake tanggal hijriah deh, yaitu 16 Ramadhan...Nah, jadi tasyakuran ini dilaksanakan tanggal 16 Ramadhan yang pada tahun ini bertepatan dengan tanggal 16 Agustus 2011. Banyak acara yang diadakan, nggak cuma buka puasa bareng, tapi juga nonton bareng, games, dan akustik...

15. Sahur bersama Gycent  

Ini yang lebih unik lagi! kalo buka puasa bersama itu udah biasa di IC. Tapi, kalo sahur bersama? Baru ada di angkatanku, atas traktiran anak-anak gycent yang lahir di bulan Juni, Juli, Agustus, dan September.... Walaupun awalnya sempet terancam nggak jadi karena kurang uangnya (berdasarkan sumber terpercaya... *beuh berasa liputan 6 SCTV aja... aktual tajam terpercaya...), tapi it run well...

Habis bangunin sahur ke adek-adek kelas (karena emang giliran angkatanku buat bangunin sahur) langsung kita kumpul di jalan antara asrama guru (gedung G) dan asrama kelas 3, langsung deh sahur bersama...

JrengJrengJreng!!! Seru kan?? Untuk yang berkesan-berkesan lainnya menyusul...

Atau, ada yang bisa mengingatkan lagi?

Yang Berkesan dari Insan Cendekia Part.2

Jadi, ini lanjutan dari postingan saya sebelumnya Yang Berkesan dari Insan Cendekia Part. 1..., (kayak kata anak-anak gycent) langsung dah!

10. TETA a.k.a Teh Manis Tanpa Gula (XI NS 2 2010/2011)

Yak, jadi inilah kelas gw di tahun kedua. kelas XI NS 2 atau kalau umumnya lebih dikenal dengan kelas XI IPA 2 (Selanjutnya saya akan menulisnya XI NS 2 terus). Seperti kelas waktu kelas 1, kelas ini sama ributnya... guess what?! gw sekelas lagi sama anak-anak super rame, super ribut, dan super berisik, serta super rusuh dari kelas gw dulu, they are : Fadli, Ngeni, and also Waqor. yak... begitulah gambarannya.
TETA, studi kolaboratif 2011 di BIB Lembang

Bupalas TETA bersama Bu Metig (wali kelas)

TETA at Puspiptek


Di kelas ini gw jadi bendahra lagi... bendahara 2 tapi. Dan ketua kelasnya Abid yang istiqomah (ini kata Bu Nova lho...). I'm sure. Abid itu orangnya istiqomah dan baek banget...beriman dan bertaqwa lagi (halah!) Well, kayaknya dia adalah ketua kelas paling berdedikasi di antara ketua kelas lainnya di kelas XI waktu itu...

Kelas gw yang kali ini punya tradisi unik atas saran dari Pak Ihsan, guru SKI, tradisi nya yaitu bershalawat ke atas Rasul setiap kali sebelum pelajaran ataupun sebelum melakukan sesuatu, lomba misalnya, kayaknya sampe semua orang hafal kebiasaan ini...

11. Granofti (Gradiator November Party)

Well, walaupun gw bukan termasuk anggota Granofti, tapi buat gw syukuran yang diadain sama Granofti november tahun lalu itu seru. Sebentar, Granofti apa sih?

Eits, tenang-tenang, gw jelasin dikit, jadi Granofti itu perkumpulan anak Gradiator (angkatanku) yang lahir di bulan November. Nah November tahun lalu (2010) mereka berinisiatif mentraktir anak-anak seangkatan martabak manis yang kalo di Solo namanya "terang bulan". 

Serunya, sebelum traktiran tuh kita main game dari BPH (Badan Pengurus Harian) angkatanku, yaitu main petak umpet seangkatan!!!! Nah lho! bingung kan? Teknisnya kayak maen petak umpet biasa cuman kita berkelompok... satu kelompok nggak boleh ngumpet terlalu jauh, kalo satu udah ketemu maka otomatis semua anggota kelompok itu udah ke "ing-lo" gituh.... seru kan? (*emang harus ngerasain sendiri sih...) 

waktu yang jaga udah mulai menghitung, kita mulai lari... berdesakkan, udah berasa orang lagi pada lari karena ada tsunami gitu dah....

12. KBS Biologi

Ini nih... Klub bidang studi Biologi ato disingkat jadi KBS biologi. buat gw KBS biologi membuat gw jadi      -senggaknya- pernah menjadi seseorang yang berprestasi di Insan Cendekia, barang cuma sebagai participant of OSK 2010. gw 2 tahun join di klub ini dengan jatuh bangun dan manis asamnya. Gw bersyukur bisa ikut di KBS ini sampai akhir... walaupun nggak bisa ikut OSK di tahun kedua gw di KBS... tapi ilmu yang gw dapet nggak akan hilang dengan nggak ikutnya gw di OSK....(walaupun ini impian gw sejak MTs dulu...)
KBS Biologi 2010/2011 di ITI abis Lomba Metabolisma IX (tapi blur fotonya)

KBS biologi dan alumninya

TApi, emang yang paling berkesan adalah tahun kedua gw di KBS, soalnya terakhiran udah kebentuk tim intiny sebanyak 9 orang terdiri atas Daus, Ngeni, Leny, Ahud, Omi, Raka, Fahmi sama gw...

Buat gw, sekalipun waktu science camp berusaha menahan kantuk, tapi tetep aja seru... gw suka ngedengerin penjelasan Kak Celline, Kak Ulfah, Bu Penny, dkk.... Ah... I really Like this club! 

What else? 


Minggu, 21 Agustus 2011

Some of my sketches




This is some my sketches. I did it while I'm confused of my college....
Ambillah jalan mana pun yang kamu sukai


Jalan manapun yang kamu ambil akan membawamu pada satu kewajiban sebagai generasi penerus, "membangun negeri ini"

Tapi ingat, jalan manapun yang kau pilih, akan selalu ada tangga untuk dinaiki, akan selalu ada lubang untuk jatuh, akan selalu ada kubangan yang akan membuatmu terpeleset, akan selalu ada rintangan untuk dihadapi...



And, this another sketch...made when i felt so sleepy at my class, because of biology assignment....

Yang Berkesan dari Insan Cendekia Part.1

Cihiiiiiyy.... berhubung ini tahun terakhir gw di asrama, jadi gw mau nge-review perjalanan gw 2 tahun terakhir lebih dikit, sbelum gw lupa semua tentang kehidupan gw di asrama...

apa yang gw tulis di sini gw urutin berdasarkan tahun terjadinya.... let's check this out!

1. PTS Ash-Shaff...
Yang satu ini nggak mungkin nggak berkesan! setiap PTS (Pekan Ta'aruf Siswa atau di SMA lain dikenal dengan MOS) pasti berkesan, sekalipun PTS di IC tuh beda banget sama di sekolah luar, karena kita nggak dikerjain disuruh bawa yang macem-macem, tapi terekenanglah.. but, ada hal-hal yang emang nggak perlu diceritain buat di publish ke seluruh dunia... tapi, di PTS ini lah pertama kalinya gw ngerasa ada komunitas yang lebih baik daripada waktu gw di MTS dulu.. FYI: nama PTS angkatanku adalah PTS Ash-Shaff, dengan motto : Rapatkan barisan, satukan tujuan, raih masa depan gemilang! dengan visi yang mulia yaitu : Ikhlas, Jujur, Disiplin, Bertanggung Jawab, dan Kebersamaan....

gradiator usai PTS Ash-Shaff 2009
Lewat PTS, gw kenal IC, gw kenal kakak kelas di IC, dan gw jadi nyaman buat tinggal di IC. Moment yang paling seru di antara rangkaian kegiatan PTS adalah LONG MARCH nya.. (thanks to all comittees of Long March section....^_________^). Long march itu semacam "outbound" kecil-kecilan di sekitar IC, cuman pake trek yang emang naik-turun, kalo naik ya.... naik banget, kalo turun nyampe harus nyebrang kali dan lumpur ++ (bukan lumpur biasa)...gw salut sama setiap panitia long masrch nya kerna bisa nyari jalan serumit itu di tengah-tengah kota industri dan pertokoan gitu.... Jyahahahahaha... Seru lhah pokoknya, nyampe harus nyuci seperangkat pakaian yang dipake hari itu lebih dari 2 kali biar lumpurnya bener-bener hilang...

2. Kelas Matrikulasi (Asteriks a.k.a Asyaroh Matriks)
Asterix di Pangandaran

Sebenernya nama asterix baru ada waktu sekitar 2 bulan setelah kelas matrikulasi berakhir.... Well, kelas matrikulasi angkatan gw tuh silaturrahim nya paling kuat di antara kelas matriks angkatan lain-kayaknya sih gara-gara kita sekelas 2 minggu, yang lain matrikulasinya cuma seminggu...

So, awalnya, kelas gw, matriks A-kita menyebutnya dulu... heniiiiiiiiing banget kelasnya. Ya... mau gimana, isisnya anak asal pondok pesantren semua kecuali ketua kelas kita, Saefudin Juhri....dia anak MTsN. Satu-satunya! Tapi, biar dari MTsN juga, kemampuan Saeju (panggilannya Saefuddin) dalam berbahasa arab setara sama anak-anak di asteriks yang pada luar biasa sekali dalam berbahasa arab...hal ini terbukti waktu pelajaran bahasa arab di kelas matrikulasi sama Pak Bahrul. Waktu Pak Bahrul tanya macem-macem dalam bahasa Arab-yang gw tau sebagai dasar-dasar Nahwu-shorof, anak-anak kelas gw itu pada jawab aja.... pokoknya ada aja dah yang jawab...Luar Biasa! Ke sininya, setiap kali ada ulangan bahasa Arab, pasti pada ngebanding-bandingin sama anak-anak asteriks...

Setelah kelas matriks selesai, anak-anak astreiks tetp ngumpul, terutama kalo lagi ada yang ulang tahun... tapi akhir-ahkir ini pada sibuk, jadi belum sempet ngumpul lagi... -_______-"

3. Vortex (Kelas X-1 T.A 2009/2010)

Yo'i. ini kelas gw waktu kelas X. namanya VORTEX kalo dipanjangin jadinya "vederasi orang-orang ribut tapi extra....". Kelas yang berlabel X-1 ini keren! Hahahahaha... di kelas ini gw jadi bendahara 1, dan bendahara 2 nya 'Afifah, ato yang lebih sering dipanggil Pipeh...Ketua kelasnya Fadli Muhammad. Kelas yang ada Fadli nya nggak mungkin jadi kelas yang diem, karena sekelas diem pun, Fadli pasti ngoceh panjaang kali lebar kali tinggi, nyampe kayaknya se IC tahu dah yang mana yang namanya Fadli.. (lhah kok gw jadi cerita Fadli). Eh, tapi jangan salah, bukan cuma fadli aja kok yang ribut, seisi kelas ribut semua, "ribut" bukan "rusuh". Sampai-sampai, banyak guru yang bilang "Ini kelasnya, kayak kelas anak TK ya?" (^__^). Eh... tapi sampe sekarang kalo' lagi kumpul juga suka ribut nggak jelas walaupun sebenernya hal yang diributin udah jelas... (lhah?)

vortex di depan ic habis praktikum ekologi

vortex di depan rumah Pak Away (wali kelas)

Vortex waktu idul adha 2009
OK, OK, tapi banyak hal yang udah gw lewatin bersama vortex. buat gw sekalipun ke sininya, gw agak gimanaaaaaa sama vortex, tapi vortex itu kelas di tahun pertama gw di IC, kelas yang pastinya menguatkan gw ketika gw awal-awal gw di IC...

4. OSIS vs MPS

Ini nih yang mengubah jalur hidup gw 180 derajat (ato justru sekalian 360 derajat?). Cerita dikit, di IC ada OSIS ada MPS juga... mungkin kalo di sekolah lain namanya MPK kali ya? sejenis itulah, untuk perekrutan MPS (majelis permusyawaratan siswa), itu dipilih sama badan pengurus harian MPS nya, bedanya sama OSIS, kalo OSIS ada pendaftaran dan interview nya.

Jadi ceritanya, sebelum gw tahu apa-apa tentang keduanya, gw udah ditawarin jadi MPS sama Kak Mede yang waktu itu menjabat sebagai sekertaris MPS. Tadinya gw ragu untuk berorganisasi. Sejujurnya, gw minim pengalaman banget buat yang namanya organisasi... OSIS MTs gw abal gimana gitu sih... tapi, karena suatu alasan akhirnya gw harus memutuskan sore itu juga, dan nggak tau kenapa gw jawab "iya, deh kak, kau mau jadi MPS". Jreng! Jreng! dan jadilah aku seorang anggota MPS Humas...

Setelah perkumpulan intens antara MPS kelas X waktu itu dengan kak Mede, tahu-tahu... beberapa hari menjelang pelantikan OSIS, gw dipanggil sama Kak Ibrahim (ketua umum OSIS waktu itu), Kak Adib&Kak Rochman (ketua dan wakil ketua MPS waktu itu)....dan gw ternyata terdaftar di dua tempat di MPS Humas sama di OSIS IMTAQ (Iman dan Taqwa).. -bentar, kayaknya gw daftar OSIS dah?-

di tengah-tengah kebingunganitu, gw harus memutuskan pilihan gw antara MPS Humas dan OSIS Imtaq dalam waktu kurang lebih 2 jam. Setelah konsultasi sama koordinator MPS Humas, Kak OP, yah... di sinilah gw sekarang di OSIS Imtaq... bentar, gw inget tuh percakapan gw sama Kak OP
gw : Kak, gimana nih, aku kedaftar di 2 tempat di MPS sama di OSIS Imtaq...terus disuruh milih sama kak Ibrahim..
Kak OP : Kok gitu... (dan nggak tau kenapa tiba-tiba) yaudah tyani di Imtaq aja....

Sekilas aja dah... gw cuma pengen bilang, sebenernya waktu itu gw pengen tetp di MPS, tapi kok ya... koor gw berkesan "mengusir saya secara halus".... hahahaha... nggak ding, tapi setelah percakapan panjaaaaaaang.... akhirnya gw masuk Imtaq deh, yang sbelumnya pake diledekin sama KakRisti, kakak tutor ku waktu PTS, "Katanya tyani nggak mau jadi OSIS, katanya capek Ty???" Eh.. sekarang malah jadi koor... haha...
(baca selengkapnya di postingan saya : Antara aku dan divisi IMTAQ OSIS)

Iya, di tahun kedua gw id IC, gw menerima amanah buat jadi koordinator divisi Imtaq melanjutkan perjuangan Kak 'Urfa di tahun sebelumnya....tapi, sampe sekarang, sampe gw udah lengser dari jabatan koordinator, gw masih ngerasa nggak pantes buat jadi koor. Dan gw sejujur-jujurnya, gw menyesali keputusan gw untuk jadi koordinator divisi ini.

Di samping semua itu, tetep aja ada yang berkesan dari pengalaman gw jadi koordinator...sejujurnya agak nekat juga buat gw yang minim pengalaman dan labil ini buat jadi koordinator...yang paling kebingungan itu waktu mau interview OSIS ke anak kelas X. karena tahun sebelumnya gw nggak ikut tes, jadi gw nggak punya bayangan harus gimana, dan alhasil, pertanyaan-pertanyaan gw diangggap "maut" gitu dah... (ngek!)

Tapi, toh selesai juga...sekalipun harus dengan perdebatan panjang dengan divisi lain bahakn MPS untuk masalah perekrutan anggota ini...

5. Acara-Acara OSIS

There're a lot of events in Insan Cendekia which is held by OSIS of Insan Cendekia. Mulai dari event-event kecil sampe event gede yang melibatkan warga luar dan atau sekolah luar Insan Cendekia. Mungkin, di page ini gw cuma akan menceritakan sedikit tentang event-event besarnya IC... kalo harus diceritakan semuanya, Wah... terlalu banyak...

a. Sonic Linguistic (Show your brain on science, Link your Imagination on language, journalistic, and culture)
Sonic Linguistic itu acara lomba tahunan di  Insan Cendekia yang melibatkan sekolah luar (baca : IC ngundang sekolah luar baik dari tingkat sekolah menengah pertama ataupun sekolah menengah atas). Lombanya banyak, di bawah EO (event organizer) IPTEK ada science competition, economic competition, technology wallmagz, dan di tahun keduaku di IC, ditambah sama sciencetific report atau KIR. dibawah EO Bahasa ada speech, debate, quick and smart, story telling. Di bawah EO jurnalistik ada Rally photo, graphic design, news casting, dan short movie. Dan terakhir di bawah EO senbud (baru ada waktu gw kelas 2, itupun EO senbud atau seni budaya (culture) merangkap sebagai sekertaris 1 nya..) ada tari saman dan lomba grafiti...

Di tahun pertama gw di IC, gw kebagian tugas di economic competiton (ngek! padahal, kalo mau tau nilai ekonomi gw tuh.... nggak pernah kurang dari lebih dari 72 tapi juga nggak pernah kurang dari 68-*mepeet banget sama nilai ketuntasan minimal...). dan akhirnya, karena nggak berguna buat bikin soal-soal ekonomi yang susah, gw dipekerjakan sebagai pengawas dan "pembantu" korektor...Yang berkesan di Sonic Linguistic 2010 adalah waktu lagi ngawas untuk babak penyisihan eco comp.Karena semalemnya gw tidur larut banget, kalo nggak salah gw baru tidur jam 3 lebih karena bikin bulletin Qawat yang nggak selese-selese...,Nah, waktu ngawas, akhirnya gw bener-bener ngantuuuuuuuuuuk banget, udah angguk-angguk gimana gitu...

akhirnya, gw beirnisiatif untuk pergi ke kamar mandi. Niat si mau cuci muka.. tapi, beneran dah! ngantuk banget! Dan ternyata, gw lebih milih untuk bersandar di belakang pintu kamar mandi sambil duduk tertahankan sama sandal yang gw pake,,, dan... dengan nyenyaknya, gw tidur cukup lama di sana....!!!!

Waktu balik ke kelas, setelah gw sadar kalo gw lagi ngawas, Kak OP, yang ngawas bareng gw di kelas nanya, "dari mana Ty? Kok lama banget?". and I just gave her a big smile.... ;D..... hahahahaha

Di tahun kedua, gw pindah sie, karena dianggap nggak berkompeten di bidang ekonomi (yaiyalah! orang gw anak IPA)... jadi gw diangkat sebagai koordinator sie konsumsi... (*berasa tampang gw, tampang orang banyak makan aja ya...). yang ini bener-bener perjuangan! kerjanya abis shubuh langsung negpak-pak in snack ke kardusnya... trus ngebagiiin ke ruang-ruang lomba. Pagi-pagi yang laen masih bisa tidur abis shubuh, buat Sie. konsumsi, Jangan harap deh!.

Langsung aja ke bagian yang paling berkesan (karena judulnya yang berkesan dari Insan Cendekia, jadi gw cuma nyeritain yang berkesannya aja ya...) dari Sonic Linguistic 2011. Yang terutama berkesan adalah, gw banyak ketemu sama temen-temen SD gw, alumni SDIT Nurul Fikri angkatan 11. dan kejadian yang paling berkesan adalah hari terakhir Sonic Linguistic 2011. Jadi ceritanya, hari itu tuh pesertanya sedikit banget, karena udah final semua.. alhasil, snack yang harus di pak in juga cuma sedikit sekitar 100 kotak lah... so, sie konsumsi yang hari-hari sebelumnya kerja rodi dari jam setengah 6 sampe jam 8-an, hari itu bisa selesai jam setengah tujuh. Sebanyak 90 kotak snack kita taroh di kardus gede bekas makan siang dari Mc.D dan dibawa sama Yuska dan Moza ke depan ruang OSIS, yang lainnya dibawa bareng pake keranjang... selesai itu, kita semua balik ke asrama, mandi dan siap-siap buat bagiin konsum ntar siang...

Dan Eng Ing Eng! Waktu gw ngecek keadaan ke RO, itu sekitar jam 7.15, gw ditanyain sama semua koordinator lomba, "Ty, snack peserta dimana? Kok cuma sedikit?" JDYAARRRR!!! DuARRRR!!! DARRRR!! SNACK YANG DI KARDUS MC D NGGAK ADA! PADAHAL ADA 90 KOTAK SNACK DI SANA!!!!

-Panik-gw keliling IC buat nyariin tuh kardus Mc.D, yang bahkan Moza sama yuska yang tadi bawa aja nggak tahu!!! Ngek! gw udah nangis, saking terlambatnya tuh snack dateng ke kelas, gw panggil lagi semua anak konsum buat bantuin nyari, gw tanya Moza selaku ketua panitia Sonlis, eh dianya sibuk nyari apaaaa gitu atao nyari siapaaa gitu... tau ah ! bodo amat sama Moza! akhirnya gw nyari senyari-nyarinya dan baru ketemu stelah beberapa kali (lebih dari 2 kali pokoknya) keliling IC!!! ternyata snack sebanyak itu ada di ruang panitia eco comp! Sialllll bikin orang panik aja nih....

Yah, tapi seperti yang udah gw bilang, selalu ada yang berkesan di balik setiap kejadian yang nggak enak... (>.<)....

b. I-Care (Islam is Care atau Insan Cendekia Care ya?)

Yang lain lagi dari IC, adalah acara bakti sosial yang super gede, sangat gede sekali, dll dah.... kenapa gw bilang gede, karena ya itu mencakup banyak orang dan banyak bukan hanya membagi sembako, but also, ada pengobatan gratis, khitanan masal, permodalan, beasiswa, dll... banyak deh...

Tapi, jujur buat kau, I-Care nggak terlalu berkesan (maaf ya Nikari, Fitri, Pyan, Hamzah, Iman, sama Jaisyi), jadi, karena judulnya "Yang berkesan dari Insan Cendekia", untuk acara ini gw lewat aja ya...                      

c. I-FUN (Islam is FUN)


Yang ini jelas berkesan, apalagi waktu I-FUN 1431 H! Hahaha~! Soalnya aku sekertaris 2 nya sih... jadi, sekalipun buat orang lain I-FUN itu nggak berkesan, tapi buat aku ini berkesan banget (so do all of the board members of I-FUN 1431 H)...

Waktu jadi sekertaris I-FUN ini, bener-bener dah... karena Ngeni, si ketua panitia nggak da di tempat karena  ikut Pelatnas biologi, akhirnya dia nyaris sama sekali nggak tau apa-apa waktu persiapannya...so does Akmal, sang sekertaris 1. Akmal ikut pelatihan Kimia, walaupun bukan pelatnas, tapi tiap hari dia nggak ada! akhirnya gw kerja tuh cuman bareng Qonta (bendahra 2), Arham (wakil ketua), sama Anas (bendahara 1). Yah...walaupun banyak hujatan dan kontroversi, tapi... jadi sekertaris I-FUN itu AMAT SANGAT BERKESAN!!! >.<. I'm proud to be secretary of I-FUN!!!!

6. ANDROID (A Never Ending Story About Friendship)

Kalo yang ini acara tradisi. Walaupun namanya tiap tahun ganti, tapi acara Android ini merupakan salah satu tradisi di Insan Cendekia Seprong. Inti acaranya adalah perpisahan untuk kelas XII dari anak kelas X. Nah, waktu angkatanku kelas X, acara ini diketuai oleh Pyan (dulu X-5). Dan gw di sini menjabat sebagai koordinator bazar makanan, yang habis itu membuat gw trauma setengah mati! Gimana nggak coba, waktu gw jadi koor bazar itu, sempet ada salah hitung di buku catatan pemasukan dan pengeluaran bazar makanan, modal yang mestinya gw tulis 200.000, angka nol nya lebh satu... dan Eng Ing Eng!!! jadilah uang sebesar 200ribu jadi 2000.000!!! gw panik sampe nangis.... berhari-hari gw bingung sampe bengong....gimana caranya, kok bisa rugi gitu? kayaknya gw udah ngitung nyampe ngutang (oh, nggak ngutang ding!)... tapi....Dan JRENG!JRENG! Pyan, selaku ketua panitia Android dateng ke gw-dan yang gw inget, ini jadi momen pertama kali gw ngomong sama Pyan (cihiiiiiiiiY)- "Ty, gimana itu uang bazar?" Ngek!... akhirnya dengan sok tenang, dan sok tegar serta sok-sok lainnya, gw bilang,"Udah kok... udah beres..." Hahaha... si Pyan percaya aja lagi... Eh, tapi besoknya urusan itu beres kok,, soalnya gw itung ulang, dan berasa lega karena ternyata gw salah hitung


Then, walaupun jalannya acara Android agak sedikit kurang terstruktur, cuman, dekorasi, snack, dan kakak-kakak kelas XII nya tuh niaaaaaaaaat banget! Kita ambil tema "movie" buat acara Android ini, terus, dekorasinya dibuat kayak di bioskop-bioskop gitu... (gw salut dan bangga sama anak dekor android!). begitu juga sama snacknya... Anak konsum bikin pop corn sendiri dengan meminjam peralatan kantin!!! Keren dah pokoknya...

7. Praktikum Bedah Cacing-Pelajaran Biologi

Hahahaha.... ini Real terjadi lho! di IC ada praktikum bedah cacing.... yang bikin gw-yang phobia darah ini-jadi setengah mati-setengahidup.... Whuaaaa!!! saat itu, gw nekat untuk ikut praktikum, padahal gw tahu kalo warna darah cacing itu merah (FYI : gw phobia sama darah yang warnanya merah). And so on...

gw berdua sama 'Afifah selaku partnert di praktikum biologi. Sama-sama ngambil cacing, sama-sama ngebisu itu cacing... Eh... begitu sampe pada tahap pembedahan... guntingan pertama ('Afifah yang bagian ngebedah)... gw masih fine aja dengan tampilan si cacing tanah yang udah separo kebelah... begitu juga dengan guntingan yang kedua, ketiga, dan keempat. Tapi pada guntingan yang kelima, gw udah jatuh terduduk sambil nangis di kolong meja laboratorium biologi... Ya benar analisa anda! (analisa apaan?) di guntingan kelima itu, darah si cacing yang warnanya merah itu mulai keluar... cesss..... brrrrrrrr... bikin sekujur tubuh gw lemes setengah mati...

Akhirnya, gw bikin kesepakatan sama 'Afifah, dia yang nyelesain bedah-bedahnya, gw yang ngerjain laporannya....>.< Ekh.... gw nggak berharap melakukan hal ini lagi...

8. Praktek Fiqih-berqurban

Yang lain lagi dari versi bedah cacing, praktek fiqh-berqurban, yaitu potong ayam!!! Arghhhh.... ini lebih bikin gw stress berhari-hari, nangis berhari-hari... dan akhirnya ....waktu hari H...gw udah lemes selemes-lemesnya, bahkan berdiri aja nggak sanggup...gw udah ngebayangin yang nggak-nggak,..sekalipun yang cewek cuma megangin ayamnya, dan yang bakal nyembelih itu anak cowoknya, tapi, tetep aku bakalan liat darah kan?

Arghhhhhh!!!!!!, akhirnya, karena udah gemeteran banget dan nggak bisa berdiri, gw dibopong madam menjauh dari tempat praktek menuju ke saung dengan mata yang sembab....ukh! sumpah gw udah lemes....

Udah, itu berkesan banget, tapi kalo bisa gw ogah buat mengingat hal ini..., jadi lanjut aja dah

Eh, Stop... segini dulu aja deh... capek ngetik dari jam 1pagi tadi.. kasih gw waktu buat mikir hal-hal apalagi yang berkesan di IC..., OK?